Menwa Unimal Ikut Sukseskan Penanaman 2000 Pohon Mangrove di Pantai Rancong

SHARE:  

Humas Unimal
Menwa Unimal Ikut Sukseskan Penanaman 2000 Pohon Mangrove di Pantai Rancong

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe  bersama unsur Forkopimda, Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Malikussaleh, Pramuka Saka Bahari, dan para nelayan melakukan penanaman 2000 pohon mangrove di kawasan wisata pantai Rancong, kecamatan Muara, Sabtu (15/5/2023).

Kegiatan ini merupakan puncak penanaman mangrove Nasional dipimpin oleh Presiden Jokowi, bertema “Mangrove for Better Life” yang dilaksanakan serentak hampir di seluruh pesisir Indonesia, mulai dari wilayah timur hingga barat.

Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P), Andi Susanto mengatakan, penanaman mangrove ini diharapkan bisa menambah ruang hijau, dan menjadi destinasi wisata, serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di kawasan pesisir.

“Fungsi hutan mangrove, juga bisa menjadi pencegah terjadinya abrasi dan pemecah ombak, serta dapat menjaga ekosistem flora dan fauna yang ada di sekitar pantai. Untuk  Kota Lhokseumawe, kami menyiapkan 2000 batang bibit mangrove, yang akan di tanam di lahan seluas dua hektar. Dengan melibatkan seluruh unsur TNI-Polri dan pihak Pemkot setempat, bersama para masyarakat serta pelajar,” katanya.

Sementara, Komandan Kompi Markas (Dankima) Menwa Unimal, Dewi Septiani Sitompul menyebutkan, kegiatan penanaman mangrove ini sangat berdampak positif bagi masyarakat dan dapat menghijaukan kawasan pantai.

"Pada kesempatan ini selain kami, UKM Turtle Diving Club (TDC) juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh TNI AL Lanal Lhokseumawe," ujar Dewi.

Ia menambahkan, mangrove ini memiliki peran ekonomis yang besar bagi kehidupan manusia dalam rangka menumbuhkan ekosistem alam dan juga mencegah abrasi laut.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar