Kelompok KKN 96 Semprot Fasilitas Umum dengan Disinfektan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 96, sebelum menyemprotkan disinfektan di Desa Hakim Bale Bujang Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (6/5/2020). FOTO: IST

UNIMALNEWS | Takengon – Enam orang mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan KKN di Desa Hakim Bale Bujang Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat, Rabu (6/5/2020). Para mahasiswa itu adalah Bilqis Tsamara, Anggriyani Diana Rizky, Miftahul Zannah, Muhtaril Aula, Rizky Vallentino dan Andy Sastra Fauzi.

Penyemprotan itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Sebagaimana yang sudah diketahui ada beberapa upaya memutus rantai penyebaran virus tersebut, seperti terus menjaga kebersihan diri  dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker dan juga menyemprotkan disinfektan ke permukaan benda.

Virus Corona dalam sebuah penelitian disebutkan mampu bertahan hingga tiga hari lamanya di permukaan sebuah benda.

Salah seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN , Dwi Fitri MA kepada Unimalnews mengatakan bahwa mahasiswa bimbingannya di Kelompok 96 juga melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat fasilitas umum seperti masjid, meunasah, kantor desa, posko Covid-19 dan juga jembatan untuk memutus penyebaran virus Corona.

Dalam melakukan penyemprotan mahasiswa juga menggunakan alat pelindung diri (APD). Adapun cairan disinfektan dibuat sendiri dengan mencampurkan cairan pemutih pakaian dengan air.

Menurut Dwi, selain proteksi diri melalui penggunaan masker, rutin cuci tangan, penyemprotan disinfektan ini adalah bentuk usaha pencegahan dengan ruang  lingkup lebih besar yang memberikan dampak kepada banyak orang.[ryn]


Kirim Komentar