KKN Kelompok 178 Adakan Lomba Cuci Tangan untuk Anak-Anak

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 178 Universitas Malikussaleh mengadakan perlombaan cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk anak-anak di Desa Dayah Sukon Bambi Kecamatan Peukan Baro, Pidie. Foto: ist

UNIMALNEWS | Pidie -   Mahasiswa KKN kelompok 178 Universitas Malikussaleh melaksanakan perlombaan cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk anak-anak di Desa Dayah Sukon Bambi Kecamatan Peukan Baro, Pidie.

Mahasiswa yang terlibat dalam kelompok tersebut yaitu, Muhammad Ikhsan, Munadhira Batari, Putri, Husna Wesnate, Raudhatul Jannah, dan Afzal.

Ketua Kelompok 178 Muhammad Ikhsan kepada Unimalnews, Rabu (13/5/2020) mengatakan perlombaan tersebut diikuti oleh 12 peserta dengan tata cara mencuci tangan sesuai dengan standar World Health Organization (WHO), yaitu, menggosok kedua telapak tangan, gosok punggung tangan kanan dan kiri, lalu memutar ibu jari tangan kanan juga kiri, dan yang terakhir menggosok ujung jari ke telapak tangan yang berlawanan.

"Kegiatan ini dilakukan di pagi hari agar anak anak tersebut tidak cepat merasakan lelah, dan haus.  Kegiatan itu juga turut dibantu oleh perangkat desa dan ibu-ibu dari anak peserta lomba," katanya.

Menurut Ikhsan, perlombaan ini bertujuan untuk mengajarkan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar agar mereka mampu menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit dan bakteri, apalagi saat ini mengingat sedang mewabahnya Covid-19.

"Mencuci tangan yang baik dan benar dapat menghindarkan seseorang dari tertular penyakit maupun menularkannya kepada orang lain," tuturnya.

Selain itu, mahasiswa juga memberikan alat tulis dan snack kepada juara satu hingga juara tiga sebagai hadiah lomba. Bagi yang tidak mendapatkan juara, mereka tetap mendapatkan hadiah berupa alat tulis.

"Hadiah itu sebagai bentuk apresisasi untuk mereka, karena anak-anak sangat antusias dalam mengikuti arahan yang kami berikan," sebut Ikhsan.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Teuku Azhari MEd mengapresiasi kegiatan mahasiswa tersebut dan memberikan support serta arahan.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini karena memberi dampak yang baik dan sustainable bagi warga sekitar, khususnya anak-anak," pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar