Fakultas Kedokteran Unimal Ambil Sumpah Dokter Secara Online

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana pengambilan sumpah serta pelantikan dokter dan dokter muda Uiversitas Malikussaleh yang dilaksanakan secara online, Senin (18/5/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK Unimal) menggelar Pengambilan Sumpah serta Pelantikan Dokter Angkatan XIX dan Yudisium Sarjana Kedokteran Angkatan XXI, Senin (18/5/2020). Ada yang berbeda dari  pengambilan sumpah dokter kali ini yaitu dilaksanakan secara daring (online).

Terdapat 11 orang yang diambil sumpahnya sebagai dokter dan satu orang sebagai dokter muda (S.Ked) pada kesempatan tersebut. Dari total 12 orang yang dilantik, Sembilan orang diantaranya dilantik secara online karena tidak berada di Kota Lhokseumawe dan tidak memungkinkan untuk hadir mengikuti prosesi pengambilan sumpah karena adanya pembatasan melakukan perjalanan selama pandemi Covid-19.

Pengambilan sumpah untuk dokter dan dokter muda ini dilakukan oleh  dr  Muhammad Sayuthi  SpB, Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Dokter, FK Unimal.

Dalam sambutannya, Plt Dekan FK Unimal yang juga Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Baidhawi mengatakan seorang dokter haruslah memiliki standar kompetensi.  Dimensi pribadi dan akademik merupakan serangkaian sikap standar yang diberlakukan dan itu menjadi wajib dimiliki setiap dokter. Sikap tersebut diuraikan di dalam standar  ilmu, sehingga dokter harus memiliki beberapa kriteria ilmu tertentu untuk menjadi dokter yang professional.

“Harapan kami, lulusan dapat memanfaatkan ilmu yang didapat selama ini bisa diamalkan dalam masyarakat dengan niat yang baik. Penilaian kompetensi profesional seorang dokter dinilai kembali oleh masyarakat selaku pengguna layanan kesehatan,” ujar Baidhawi.

Selamat bagi para peserta yudisium semoga dapat menghadapi tantangan secara global menjadi seorang dokter yang berdedikasi dan selalu membawa harum nama Universitas Malikussaleh.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar