Empat Dosen Unimal Diundang Hadiri HUT Kemerdekaan AS ke-243

SHARE:  

Humas Unimal
Foto: pixabay.com

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Empat dosen Universitas Malikussaleh mendapat undangan Konsulat Jenderal Kedutaan AS di Medan untuk memperingati hari kemerdekaan Amerika Serikat ke-243 sekaligus memeringati 70 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Hari kemerdekaan AS ke-243 tersebut jatuh pada 4 Juli 2019 mendatang. Namun, Konjen AS di Medan menggelar peringatan tersebut sekaligus 70 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia lebih cepat, yakni pada 20 Juni 2019 di Medan.

Keempat dosen tersebut adalah Prof A Hadi Arifin, Dr Iskandar Zulkarnain, Dr H Mohd Heikal, dan Ayi Jufridar. Para undangan adalah alumni dari International Visitor Leadership Program (IVLP) di Amerika Serikat dalam waktu berbeda.

Iskandar Zulkarnain menjadi peserta IVLP pada 2002 atau tiga bulan setelah kejadian 9/11. Saat itu, ia  mengunjungi beberapa perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat dan berdialog dengan pemimpin organisasi Islam di AS, sejumlah senator, serta dengan sejumlah analis politik.

“Program yang saya ikuti waktu itu terbilang unik karena 75 persen objek kunjungan saya tentukan sendiri. Saya menjelaskan kehidupan tentang kehidupan masyarakat muslim di Indonesia serta berdiskusi tentang konflik Aceh yang saat itu sedang dalam pendekatan dialog,” jelas Iskandar Zulkarnain, Rabu (19/6/2019).

Sedangkan Ayi Jufridar mendapat undangan IVLP pada 2012 dan mengunjungi sekitar enam negara bagian dengan tema berbeda. Selain mengunjungi beberapa universitas seperti Brigham Young University (berdiri sejak 1875) di Utah dan California University di Los Angeles, juga berdiskusi dengan wartawan LA Times yang waktu itu menerima penghargaan Pulitzer, sebuah penghargaan bergengsi di dunia jurnalistik.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal, Mohd Heikal, menjadi peserta IVLP pada 2013 bersama sejumlah tokoh lain di Indonesia, termasuk Dahnil A Simanjuntak, yang kini menjadi juru bicara pasangan calon Presiden/Wakil Presiden, Prabowo-Sandi. Heikal mengaku sudah memberikan konformasi kehadirannya dalam peringatan kemerdekaan AS kepada pihak Konjen AS di Medan, Sumatera Utara.[bas]

 


Kirim Komentar