Persiapan Pomda Aceh, Unimal Seleksi Pemain Cabang Olahraga Futsal

SHARE:  

Humas Unimal
ARAHAN umum tentang aturan dalam seleksi pemain untuk tim futsal Unimal di lapangan ITC Lhokseumawe, Sabtu (29/6)

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) provinsi Aceh ke XVI akan digelar pada tanggal 13 – 17 Juli di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pomda Aceh ke XVI ini nantinya akan diikuti oleh Universitas atau Perguruan Tinggi se Provinsi  Aceh. Universitas Malikussaleh termasuk yang akan mengirimkan atlitnya untuk berlaga di event tersebut.

Unimal telah memulai berbagai persiapan untuk bisa mengikuti Pomda ini dengan baik. Salah satunya cabang olahraga futsal, yang melakukan seleksi bagi pemain yang akan diikutsertakan nantinya.

Penanggung jawab seleksi untuk cabor futsal Unimal, Ferdy Saputra dalam keterangannya menyampaikan bahwa seleksi untuk cabor futsal dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 29 dan 30 Juni di lapangan ITC Futsal Lhokseumawe. Mahasiswa yang boleh mengikuti seleksi ini kita batasi usia maksimalnya 22 tahun, walaupun ketentuan Pomda usia 23 tahun masih boleh mengikutinya. Hal ini dikarenakan kita ingin dapat atlit yang bisa diikutkan dalam turnamen lainnya tanpa harus bongkar pasang tim.

Adapun yang menjadi aspek penilaian dalam seleksi ini ada 2 hal yakni etika dan kemampuan (skill). Etika pemain ini dilihat dari bagaimana mereka bisa mengontrol emosi ketika bertanding nantinya. Kita tidak ingin membawa pemain yang tidak bisa mengontrol emosi, selain akan merusak permainan juga akan membawa nama buruk bagi Unimal bila nantinya sampai terjadi keributan dengan pemain lain ketika pertandingan, ujar Ferdy.

Aspek lainnya yang kita nilai dalam seleksi  ini adalah kemampuan bermain. Kita tetap mencari pemain yang punya kemampuan di atas rata-rata. Namun kemampuan individu harus ditopang oleh bagaimana kemampuan bekerjasama, karena dalam futsal ini sangat diperlukan kerjasama tim agar bisa memenangkan pertandingan. Kita akan seleksi para pemain ini menjadi 14 orang untuk dibawa ke Pomda Aceh nanti, terdiri dari 2 penjaga gawang (goal keeper) dan 12 orang pemain open play, tambah Ferdy  yang juga merupakan Dosen di Fakultas Hukum Unimal.

Ferdy berharap dalam seleksi selama 2 hari ini para pemain menampilkan yang terbaik, sehingga kita bisa mendapatkan pemain yang kompetitif. Jadi bagi mahasiswa yang merasa punya kemampuan bermain futsal, masih ada hari ke dua untuk mengikuti seleksinya.

Hasil seleksi akan diumumkan pada hari Senin tanggal 1 Juli 2019. Setelah itu para pemain yang dinyatakan lulus akan mengikuti pemusatan latihan. Kita  pasang target bisa masuk Final dalam Pomda nanti tutup Ferdy didampingi Fajar, Ketua UKM Futsal Unimal.[ryn]


Kirim Komentar