Mahasiswa KKN PPM 31 Buat Pelatihan Susun Ranup Peunuwoe

SHARE:  

Humas Unimal
Foto ist

 

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 31 Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan merangkai sirih hantaran pengantin atau yang biasa dikenal ranup peuneuwo linto baro kepada ibu-ibu di Gampong Meunasah Blang Ara, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu (18/11/2022).

 

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Nini Hayatunwardani yang merupakan istri dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 30 dan 31. Pelatihan merangkai ranup hantaran ini bermodalkan bahan-bahan dari alam seperti batang pisang, daun sirih, bunga-bunga yang tumbuh di lingkungan desa serta piring plastik pengganti cerana yang berfungsi sebagai wadah, dan beberapa alat bantu seperti jarum, benang, kawat, serta daun pisang.

 

Ibkar selaku ketua dari kelompok 31 menyebutkan, kegiatan yang mereka adakan ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat Gampong Meunasah Blang Ara terutama kaum ibu-ibu dan anak remaja. Ia juga menambahkan bahwa dengan keterampilan yang dimiliki, mereka bisa memiliki usaha rumahan yang bermodal kecil namun dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar yang bisa membantu perekonomian rumah tangga. “ Semoga kreasi hantaran ranup dengan sentuhan modern namun tetap menonjolkan ciri khas Aceh ini dapat menjadi salah satu Usaha Milik Gampong dan bisa diwariskan secara turun temurun nantinya disamping juga sebagai upaya untuk tetap melestarikan budaya tradisional,”tuturnya.

 

Rohana, salah satu masyarakat yang ikut berpatisipasi dalam pelatihan tersebut juga mengatakan sangat senang dengan adanya pelatihan ini karena dapat memberikan ilmu yang sudah jarang dipelajari apalagi oleh remaja saat ini.

 

Selain Ibkar, Kelompok KKN 31 beranggotakan 15 orang mahasiswa lainnya, yaitu M Isma Ayyasy, Jerry Afriandi, Rizky Maulana, Muktar Daulay, Trouzieri Dewa Akbar, Nurul Fadzila DS, Riza Saputri, Fayza Nuzuli, Anisya Fitrialisty.S, Khairunnisa, Aini Masreva, Khaira Maulina, Reza Fonna, Nina Ikhwani, Rauzatul Husna. Dalam menjalankan program kerja, mereka dibimbing oleh Chairil Akhyar, S.E., M.Si sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL).(mcl)

 

 


Kirim Komentar