Mahasiswa KKN 85 Ikut Berpartisipasi Pada Kegiatan Posyandu di Gampong Kayee Panyang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 85 Ikut Berpartisipasi Pada Kegiatan Posyandu di Gampong Kayee Panyang

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kelompok 85 Universitas Malikussaleh ikut serta dalam membantu posyandu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, Senin (14/11/2022) yang bertempat di Gampong Kayee Panyang, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Salah satu anggota KKN, Faizatul Husna mengatakan, dalam pelaksanaan posyandu, masyarakat Gampong dibagi menjadi dua kelompok yakni ibu hamil dan balita. Ketika ibu dan anaknya tiba di Posyandu, petugas akan langsung melakukan pengecekan suhu tubuh. Mereka pun diminta mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan, lalu diarahkan untuk menunggu di kursi yang telah diberi jarak. Jejeran kursi kayu yang masing-masing berjarak satu meter tersebut seakan menjadi pembatas.

“Selanjutnya, masyarakat akan diarahkan untuk melakukan penimbangan badan, pengukuran lingkar kepala, pemberian imunisasi hingga kegiatan penyuluhan,” katanya.

Husna menyebutkan, pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan di berbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu.

“Dengan diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita yang ada di Gampong Kayee Panyang,” ungkap Faizatul Husna.

Ia menambahkan, bidang kegiatan yang dipilih adalah membantu pelaksanaan kegiatan posyandu di Meunasah. Mahasiswa berkunjung ke posyandu untuk melihat dan membantu ibu bidan dan kader-kader pada kegiatan posyandu.

“Kegiatan posyandu tersebut dilaksanakan oleh bidan Gampong. Peserta KKN membantu pelaksanaan penimbangan BB bayi dan pencatatannya serta orang dewasa meliputi BB, tekanan darah, kadar gula,serta pembagian bubur dan susu untuk balita dan ibu hamil,” pungkas Faizatul Husna.[tmi]


Kirim Komentar