Mahasiswa KKN Tematik 05 Memanfaatkan Lahan Sempit dalam Pembuatan Tanaman Toga dan Go Green

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 05 Memanfaatkan Lahan Sempit dalam Pembuatan Tanaman Toga dan Go Green

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 05 memanfaatkan lahan sempit dalam pembuatan Tanaman Toga dan Go Green yang tempatnya berada di sebelah kantor Geuchik Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Rabu (02/11/2022).

Dilla Fitricia selaku salah satu anggota KKN Tematik kelompok 05 menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja mereka yang dilakukan di Desa Ulee Madon. "Bagus ini, jalankan terus programnya. Saya sangat mendukung program kalian," ujar Bapak Dr. Munirul Ula, S. T., M. Eng selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik kelompok 05 sebagai dukungan kepada KKN Tematik kelompok 05.

"Program ini dibuat terutama untuk memotivasi masyarakat Desa Ulee Madon untuk memanfaatkan halaman rumahnya. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan sayur keluarga dan mendorong masyarakat untuk melakukan perilaku hidup sehat", lanjut Masni selaku salah satu anggota kelompok KKN Tematik 05.

Adapun tanaman yang ditanam oleh KKN Tematik Kelompok 05 pada Tanaman Toga yaitu jahe, kunyit, sirih dan lidah buaya. Sedangkan tanaman yang ditanam pada tanaman Go Green yaitu kangkung, sawi hijau, bayam, seledri dan selada..

Manfaat dibuatnya program kerja Tanaman Toga ini adalah sebagai sumber kesehatan keluarga bagi masyarakat Ulee Madon serta dapat memperindah pekarangan rumah masyarakat Ulee Madon. Pada program kerja Tanaman Go Green juga mempunyai manfaat lain seperti, untuk memenuhi kebutuhan sayur keluarga agar menghemat pengeluaran serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Ulee Madon jika dijual hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah mereka.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 05 Dr Munirul Ula MEng mengharapkan agar Mahasiswa KKN Tematik 05 dapat melaksanakan kegiatan atau program yang dapat membantu masyarakat dan menerapkan pengetahuan yang telah didapat Mahasiswa dalam dunia perkuliahan.[tmi]


Kirim Komentar