Mahasiswa KKN 124 Ajarkan Tarian Ranup Lampuan Dan Saman

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 124 Ajarkan Tarian Ranup Lampuan Dan Saman

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 124 Universitas Malikussaleh mengajarkan tarian tradisional ranup lampuan dan saman kepada anak-anak Sekolah Dasar di SD Negeri 8 Samudera, desa Tanjong Mesjid, kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Kamis (17/11/2022).

Ketua kelompok Gilang Ariadi mengatakan, kegiatan mengajar ini dilakukan untuk melestarikan kesenian daerah serta melatih kemampuan adik-adik SD Negeri 8 Samudera.

“Tarian yang diajarkan oleh teman-teman KKN kepada adik-adik Sd ini adalah ranup lampuan dan saman. Salah satu tarian ini merupakan tarian budaya aceh yang merupakan tarian penyambutan tamu untuk menyuguhkan sirih sebagai tanda terima masyarakat” katanya.

Gilang menambahkan “ kegiatan mengajar menari ini dilakukan seminggu empat kali yaitu pada hari senin sampai kamis yang bertujuan untuk memperkenalkan adik-adik tarian daerah khususnya Aceh dan dapat melestarikan tarian budaya dan dapat dikembangkan kepada generasi selanjutnya sehingga budaya ini tidak hilang” pungkasnya.

Rahma salah satu anggota kelompok yang mengajarkan tarian saman juga menambahkan “ tarian ini akan ditampilkan pada acara arisan sekolah yang akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang. Jadi saya berharap tarian ini harus secara maksimal ditampilkan”.

Mahasiswa KKN-PPM Unimal kelompok 124 diketuai oleh Gilang Ariadi, anggota yang tergabung antara lain Naufal Arief, Afdha Yurid Reffendika Simbolon, Satria Ipo Affandi, Nahza Safira, Siti Syarah, Dilla Aprina, Munaya safira, Siti Rahma, Bella Tania, Alya Fadila Husna, Frisilia Zuvanka, Sita Syaqila Anantasya, Nazwa Meliyani Harahap, Hayatunnufwa. [tmi]


Kirim Komentar