Mahasiswa KKN 11 Bantu Kegiatan Posyandu di Gampong Blang Talon

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 11 Bantu Kegiatan Posyandu di Gampong Blang Talon

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  kelompok 11 Universitas Malikussaleh ikut berpartisipasi pada kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di Meunasah Gampong Blang Talon, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu (16/11/2022). 

Berikut kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN-PPM kelompok 11 yaitu mendampingi divisi kegiatan dari puskesmas gampong dan beberapa kader Posyandu di gampong setempat. 

Salah satu anggota KKN, Arie Kausar mengatakan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah cara pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh fasilitas kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama dari posyandu yaitu mencegah angka kematian ibu dan anak saat proses persalinan. 

“Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, dan Pemantauan gizi,” katanya. 

Arie menyebutkan, banyak manfaat kegiatan Posyandu bagi masyarakat, diantaranya memberikan berbagai informasi tentang ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit. Selain itu, Posyandu juga untuk memantau tumbuh kembang anak, menghindari resiko kekurangan gizi atau gizi buruk. Kemudian hal lainnya yaitu untuk mendeteksi kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, serta memberikan imunisasi yang lengkap kepada balita.

“Selama pelaksanaan kegiatan, kami turut membantu kegiatan Posyandu seperti menimbang bayi, mengukur lingkar kepala dan tinggi badan bayi. Juga membagikan makanan 4 sehat 5 sempurna kepada balita dan anak-anak. Untuk balita usia 6 bulan – 12 bulan diberikan bubur,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar