Mahasiswa KKN 59 Sosialisasi Motivasi Semangat Belajar di SMPN 2 Syamtalira Bayu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 59 Sosialisasi Motivasi Semangat Belajar di SMPN 2 Syamtalira Bayu

UNIMALNEWS | Lhoksukon -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 59 Universitas Malikussaleh, Gampong Blang Majron, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, melakukan sosialisasi di SMPN 2 Syamtalira Bayu, Sabtu (19/11/2022).

Ketua kelompok KKN PPM Rahmat Haris mengatakan, sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesadaran kepada para Siswa/Siswi di SMP untuk lebih semangat dalam belajar.

Program sosialisasi ini digelar tepatnya dalam Mushola SMPN 2 Syamtalira Bayu, yang dihadiri 170 Siswa/Siswi. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 November 2022 mulai pukul 10:00-12:00 WIB. Sosialisasi ini mengangkat tema “Menumbuhkan Kesadaran dan Motivasi Siswa Untuk Lebih Semangat Belajar”.

Mahdillah Nur Cahaya selaku pemateri menyampaikan, Pentingnya pendidikan untuk membangun karakter  generasi muda. Dengan adanya pendidikan kita lebih mengerti kesopanan, kedisiplinan, dan memahami agama. Dengan adanya hal tersebut generasi muda akan memiliki karakter yang kuat untuk membangun dan memajukan bangsa.

Tambahnya, pendidikan merupakan salah satu tolak ukur untuk kemajuan suatu bangsa atau lebih kompleksnya lagi pendidikan dapat menggapai cita-cita.

Mahdillah juga mengatakan, cara menggapai cita-cita yaitu, pertama yang dilakukan adalah belajar dengan rajin, siswa/siswi perlu menambah pengetahuan terhadap berbagai hal sebelum menggapai mimpi. Kedua Buat planning atau perencanaan, siswa/siswi harus memiliki target untuk semankin semangat dalam mengerjakan sesuatu. Terakhir Sikap pantang menyerah, siswa/siswi harus memiliki jiwa tidak pantang menyerah siswa/siswi harus semangat dalam mengejar mimpi sehingga cita-cita tersebut dapat diraih.

Untuk membangkitkan semangat siswa/siswi di SMPN 2 Syamtalira Bayu, mahasiswa KKN memberikan hadiah pada siswa/siswi yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan.

Dalam sosialisasi ini banyak siswa/siswi yang aktif bertanya pada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata seperti, Bagaimana cara untuk masuk ke perkuliahan tinggi, Bagaimana cara menggapai cita-cita.

Yuni Herinda selaku Master Ceremony menyampaikan, semoga sosialisasi ini memberikan manfaat kepada siswa/siswi dan dapat menerapkannya di dalam diri.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 59 Edy Yusuf MEng, mendukung program yang telah direncanakan mahasiswa kuliah kerja nyata, dan berharap dalam program yang dijalankan dapat memberikan manfaat kepada adik peserta didik di SMPN 2 Syamtalira Bayu.

Adapun anggota mahasiswa KKN PPM ini terdiri dari 15 orang mahasiswa yang berasal dari 12 program studi di universitas Malikussaleh yaitu, dari program studi Akuntansi, Manajemen, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik , Sosiologi, Psikologi , Akuakultur ,Sistem Informasi , Teknik Industri ,Teknik Material , dan Teknik Mesin.[tmi]


Kirim Komentar