Mahasiswa KKN 116 Mengolah Limbah Botol Plastik Menjadi Celengan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 116 Mengolah Limbah Botol Plastik Menjadi Celengan

UNIMALNEWS | Lhoksukon Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) yang tergabung dalam kelompok 116 Universitas Malikussaleh mengajak anak-anak untuk membuat celengan berbahan dasar limbah botol bekas di Gampong Matang Ulim, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Senin (21/11/2022).

 

Niswatun Munawwarah merupakan salah satu anggota kelompok 116 Program Studi Manajemen mengatakan bahwa menabung merupakan tahap awal dalam melatih anak-anak untuk lebih memahami apa arti uang sejak dini.  Program ini juga merupakan hasil usulan anggota kelompok pada rapat penyusunan program kerja.

“Dalam hal pembuatan celengan berbahan dasar limbah botol bekas juga mampu memberi pemahaman akan kegunaan limbah botol bekas yang mampu didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat. Proses pembuatan celengan ini juga sangat mudah, dimana hanya menggunakan botol bekas dan kardus bekas , sehingga memudahkan mereka ketika ingin mempraktekkannya kembali” ungkapnya.

Disamping itu, Geuchik Matang Ulim, Saifuddin menyampaikan, pada dasarnya limbah botol bekas di gampong matang ulim hanya dikumpulkan lalu dijual ke tempat penampungan limbah bekas dan tidak di daur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat.

“Ada beberapa masyarakat di Gampong Matang Ulim yang mengumpulkan limbah botol bekas per minggunya, namun mereka menjual limbah botol bekas itu ke tempat penampungan limbah bekas dan tidak terpikir untuk mendaur ulang limbah botol bekas itu” ungkapnya.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Likdanawati MSi mendukung program kerja ini dan berharap kelompok 116 dapat terus mengabdi dan berinovasi memberikan ide dan gagasannya dalam membangun Gampong Matang Ulim.[tmi]


Kirim Komentar