Manfaatkan Botol Bekas, Mahasiswa KKN 15 Ajarkan Murid SD 11 Cot Merbo Membuat Kerajinan

SHARE:  

Humas Unimal
Manfaatkan Botol Bekas, Mahasiswa KKN 15 Ajarkan Murid SD 11 Cot Merbo Membuat Kerajinan

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 15 dari Universitas Malikussaleh mengajarkan kerajinan tangan untuk anak-anak Gampong Cot Merbo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, pada Kamis, (24/11/2022). 

M. Alamsyah, ketua kelompok KKN PPM 15 mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengolah limbah plastik menjadi suatu barang yang bisa digunakan. 

Sebagian orang menganggap bahwa botol minuman bekas hanya lah sampah yang tidak berguna, akan tetapi ini juga berdampak pada pencemaran lingkungan apabila limbah plastik tersebut tidak bisa didaur ulang kembali. 

“Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah plastik yaitu dengan cara mengolahnya kembali menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual,” ungkap nya. 

Alamsyah,  selaku ketua kelompok KKN PPM 15 telah merencanakan program tersebut  jauh hari sebelum langsung turun ke SD 11 Cot Merbo Kecamatan Kuta Makmur. 

“Sehari sebelum kegiatan dilakukan, saya dan semua  anggota kelompok meminta izin terlebih dahulu ke staf sekolah untuk bisa ikut serta dalam kegiatan ini” ujar Alamsyah. 

Kerajinan dari botol bekas yang kami buat yaitu “celengan”. Memanfaatkan bahan bahan yang mudah didapatkan, seperti botol mineral, gunting, lem, kardus, dan juga kertas kado sebagai penghias bagian luar celengan. 

“Terlihat dari semangat adik adik yang membawa bahan bahan untuk membuat kerajinan, ini menjadi salah satu kreativitas tersendiri  yang akan menciptakan suatu nilai keindahan” tegasnya. 

“Tentunya dengan adanya kegiatan membuat kerajinan ini, diharapkan adik adik sekolah dasar tersebut bisa memahami cara pengolahan limbah plastik agar bisa digunakan dan bisa mengurangi pencemaran lingkungan,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar