Mahasiswa KKN 49 Ikut Sukseskan Posyandu di Gampong Pase Sentosa

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 49 Ikut Sukseskan Posyandu di Gampong Pase Sentosa

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  kelompok 49 Universitas Malikussaleh ikut berpartisipasi pada kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di Postu Gampong Pase Sentosa, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN-PPM kelompok 49 yaitu mendampingi divisi kegiatan dari puskesmas gampong dan beberapa kader Posyandu di gampong setempat. Keikutsertaan anggota KKN PPM dalam kegiatan Posyandu ini merupakan wujud kepedulian para mahasiswa KKN dalam kegiatan-kegiatan yang digelar di desa setempat. Dalam kesempatan ini, mahasiswa KKN membantu mengisi data di buku posyandu seperti mengukur tinggi badan (TB), dan berat badan (BB).

Yuli selaku petugas posyandu  menjelaskan posyandu balita dilakukan secara rutin setiap bulan untuk meninjau perkembangan balita yang ada di Desa Pase Sentosa. Selain itu ia juga mengatakan, dengan adanya kegiatan rutin ini akan bisa menekan angka kejadian stunting  pada balita.

Supriani menyebutkan, banyak manfaat kegiatan Posyandu bagi masyarakat, diantaranya memberikan berbagai informasi tentang ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit. Selain itu, Posyandu juga untuk memantau tumbuh kembang anak, menghindari resiko kekurangan gizi atau gizi buruk. Kemudian hal lainnya yaitu untuk mendeteksi kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, serta memberikan imunisasi yang lengkap kepada balita.

“Selama pelaksanaan kegiatan, kami turut membantu kegiatan Posyandu seperti menimbang bayi, mengukur lingkar kepala dan tinggi badan bayi. Juga membagikan makanan 4 sehat 5 sempurna kepada balita dan anak-anak. Untuk balita usia 6 bulan – 12 bulan diberikan bubur,” tuturnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 49, Juni Ahyar MPd mengharapkan kepada mahasiswa KKN PPM Pase Sentosa agar senantiasa selalu berperan aktif pada setiap kegiatan di gampong dan berharap juga bisa melaksanakan program kerja kelompok yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.[tmi]


Kirim Komentar