Mahasiswa KKN 123 Adakan Sosialisasi Pencegahan Bullying di MIN 34 Aceh Utara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 123 Adakan Sosialisasi Pencegahan Bullying di MIN 34 Aceh Utara

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) kelompok 123 Universitas Malikussaleh, Gampong Tanjong Awe, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, mengadakan sosialisasi tentang “Pencegahan Bullying di Madrasah” di MIN 34 Aceh Utara, Sabtu (26/11/2022).

Anggota Kelompok KKN-PPM kelompok 123, Rahmita (21), mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah karena telah memberikan mahasiswa KKN-PPM kelompok 123 kesempatan untuk mengadakan sosialisasi tentang pencegahan bullying di Madrasah, dimana harapannya materi yang disampaikan bermanfaat untuk siswa dan siswi MIN 34 Aceh Utara.

Bunge Raihan Arlia mahasiswa Prodi Psikologi yang bertanggung jawab menjadi pemateri mengenai Pencegahan Bullying mengatakan, Bullying adalah penindasan atau perundungan, segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu kelompok atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa.  

“Salah satu tempat terjadinya bullying adalah disekolah , oleh sebab itu adik-adik harus menjaga sikap dan berhati-hati dalam bertindak ataupun berbicara,” katanya.

Raihan juga menyampaikan bahwa bahaya bullying diantaranya dapat menimbulkan ketakutan dan gangguan psikologis pada korban, menimbulkan dendam dan budaya kekerasan, dan yang paling fatal dapat membahayakan nyawa.

Adapun Ajeng Syahfitri, dari Prodi Teknik Kimia, sebagai pemberi yel-yel dan melakukan tes fokus serta game selama kegiatan sosialisasi berlangsung sehingga membuat adik-adik tidak bosan dan semakin semangat dalam menyimak materi yang dipaparkan.

Selain itu Siti Hasanah dari Prodi Administrasi Publik, juga memberikan pertanyaan kepada adik-adik guna mengetahui apakah materi yang disampaikan tersebut dipahami atau tidak. Ternyata adik-adik sangat antusias dalam menjawab pertanyaan dan hal itu membuat kelompok KKN 123 sangat bangga karena Sosialisasi ini dapat dipahami dengan baik oleh adik-adik.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Harinawati MA bangga kepada mahasiswa bimbingan KKN karena menjalankan program yang mendidik untuk siswa-siswi MIN 34 Aceh Utara dan termasuk dalam program kerja pribadi.[tmi]


Kirim Komentar