Mahasiswa KKN 37 Lakukan Pengecekan Kesehatan Gratis Secara Door to Door di Gampong Saweuk

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 37 Lakukan Pengecekan Kesehatan Gratis Secara Door to Door di Gampong Saweuk

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 37 Universitas Malikussaleh melakukan program dengan pemeriksaan kesehatan warga secara gratis dengan metode door to door di Gampong Saweuk Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Kamis (23/11/2022).

Adapun pemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah dan gula darah.  Pelaksanaan program ini, dimulai dengan para mahasiswa/i mendatangi rumah warga dan bertanya apakah berkenan untuk dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah. Setelah dilakukan pemeriksaan, Mutia  juga memberikan leaflet mengenai hipertensi dan hiperkolesterolemia yang didalamnya berisi pengertian, penyebab, tanda dan gejala, serta cara pencegahannya.

Mutia Selaku Mahasiswi Kedokteran Unimal menyampaikan bahwasanya kegiatan ini dilakukan untuk mengecek kesehatan warga dan memudahkan warga untuk melakukan pengecekan kesehatan secara gratis. Hal ini juga sesuai dengan tujuan ketiga dari SDGs, yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua usia.

Warga juga sangat antusias sekali dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini. Dilakukan pemeriksaan gratis ini, diharapkan warga dapat lebih mengerti akan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar terhindar dan mencegah terjadinya kondisi keparahan dari penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, stroke, hiperkolesterolemia, dan sebagainya.

“Saya merasa sangat senang sekali dengan adanya cek kesehatan gratis ini, sehingga tidak perlu pergi jauh ke puskesmas untuk melakukan cek kesehatan,” tutur Nova selaku warga gampong saweuk.[tmi]


Kirim Komentar