Mahasiswa KKN 21 Serahkan Tong Sampah Untuk Gampong Dayah Meunara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 21 Serahkan Tong Sampah Untuk Gampong Dayah Meunara

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh kelompok 21 serahkan tong sampah kepada Gampong Dayah Meunara, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (26/11/2022).

Ketua kelompok 21, Haidar mengatakan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbentuk dalam pengabdian mahasiswa Universitas Malikussaleh kepada masyarakat, yaitu terjun langsung ke desa untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas. 

“Kami fokus dalam pengembangan sumber daya manusia pada bidang lingkungan, dan pendidikan di Gampong Dayah Meunara. Kelompok 21 menyusun beberapa program kerja yang dilaksanakan selama satu bulan. Sasaran utama dari program kerja ini mulai dari pendidikan sekolah serta masyarakat umum,” katanya.

Haidar menyebutkan, salah satu program kerja utama dari kelompok 21 ialah pengadaan tempat sampah. Masyarakat memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan karena tidak adanya fasilitas berupa tempat sampah. Oleh karena itu, mahasiswa kelompok 21 berkoordinasi dengan Geuchik Dayah Meunara untuk mengupayakan pengadaan tempat sampah sebagai permasalahan tersebut.

“Pengadaan tempat sampah ini akan didistribusikan di Meunasah Gampong Dayah Meunara. Kami memilih meunasah karena sebagai tempat seluruh aktivitas warga baik anak-anak maupun orang tua melakukan aktivitas selalu di meunasah, jadi pemilihan tempat pengadaan  tempat sampah sesuai karena di setiap kegiatan akan meninggalkan sampah yang banyak,” ungkapnya.

Dengan pembuatan proker tempat sampah ini semoga bisa membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilah sampah dan dengan hal kecil seperti ini saja dapat membuat desa menjadi lebih hijau dan terhindar dari bencana banjir.[tmi]


Kirim Komentar