Mahasiswa KKN 97 Berdayakan Lahan Kosong Untuk Penanaman Tanaman Herbal

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 97 Berdayakan Lahan Kosong Untuk Penanaman Tanaman Herbal

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 97 memanfaatkan lahan kosong yang ada di belakang Kantor Geuchik Gampong Blang Nibong ,Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Minggu (20/11/2022).

Jumratul Ula yang merupakan salah satu mahasiswa dari Program Studi Agroekoteknologi Universitas Malikussaleh yang menjalankan KKN- PPM di Gampong Blang Nibong melaksanakan salah satu proker (program kerja) yaitu upaya peningkatan kesehatan warga gampong tersebut.

Ketua dari kelompok 97, Isnur Raja Jm mengatakan, tanaman obat ini merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.Tanaman herbal ini pada hakikatnya adalah sebidang tanah ,baik di halaman rumah,kebun,ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan untuk obat-obatan.

“Kami akan melaksanakan kegiatan ini yang bertujuan untuk bagi sumber penyedia bahan baku obat tradisional masyarakat untuk kesehatan dengan memanfaatkan tanaman yang berkhasiat atau herbal. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diterapkan dan bisa membantu masyarakat di Gampong Blang Nibong,” katanya.

Dosen pembimbing Lapangan (DPL), dr Riska Sofia MKT meminta kepada mahasiswa untuk tetap menjaga kekompakan dan menjalin silaturahmi kepada masyarakat sekitar.Buat kegiatan yang sangat berdampak untuk gampong Blang Nibong tersebut.

“Saya berharap semoga budidaya tanaman herbal ini bisa terus diberi dukungan oleh masyarakat gampong Blang Nibong .Semakin banyak tanaman herbal yang ada agar nantinya ketika masyarakat membutuhkan kita sudah siap untuk membantu,”ujarnya

Ia menambahkan, menanam tanaman herbal ini sangat sederhana,yaitu memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman herbal yang bisa dijadikan bat dalam kehidupan misalnya kunyit,serai,jahe dan lengkuas,ujar Jamratul Ula salah satu mahasiswa yang bergabung dalam KKN- PPM 97 Unimal.

Mahasiswa yang bergabung dalam kelompok 97 tersebut terdiri dari 15 orang dari prodi yang berbeda dibawah bimbingan dari Dosen Pembimbing DPL, dr Riska Sofia MKT yaitu Raja isnur jm (Teknik Arsitek ) ,Rizky Ananda Tanjung ( Kedokteran),Muhammad Dirga ( Teknik Mesin ), Muhammad Naja ( Teknik Industri),Aulia ( Manajemen),Ulfia Fitrah (Teknik Kimia), Manda Auliya (Ilmu Ekonomi & Studi), Nanda Mafzura (Akuntansi),Mutmainnah (Manajemen),Dien Michel Deswita (Administrasi Publik) ,Intan Permata Sari (Ilmu Komunikasi), Eliyen Mahdalia  (Sosiologi), Dina Mutahassilah (Psikologi), Jumratul Ula (Agroeteknologi),Nurul Husna (Teknik Arsitektur).[tmi]


Kirim Komentar