Mahasiswa KKN 05 Lakukan Penyuluhan Skabies di Dayah Darul Ulum

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 05 Lakukan Penyuluhan Skabies di Dayah Darul Ulum

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 05 Universitas Malikussaleh penyuluhan scabies santri Dayah Darul Ulum Gampong Bayu, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (27/11/2022).

Ketua Kelompok KKN, Zepri kurniawan mengatakan, penyuluhan tersebut berguna untuk kebersihan anak dayah, yang dimana biasanya anak dayah sering terjangkit penyakit gatal-gatal atau yang disebut dalam dunia medis Skabies. Skabies sendiri merupakan penyakit yang menular, dimana jika 1 orang yang terjangkit bisa membuat 1 dayah terjangkit penyakit yang sama.

“Walaupun sudah sembuh jika ada yang belum sembuh didekat kita, maka kita akan terjangkit kembali. Adapun sasaran penyuluhan kali ini adalah para santri putra Dayah Darul Ulum,” katanya.

Penyuluhan kali ini mahasiswa KKN mengundang salah satu dokter kulit yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh yaitu dr M.Mimbar Topik Mked. Kedatangan dokter ini agar anak dayah mengetahui langsung dari ahli kesehatan yang lebih menguasai dibandingkan dengan mahasiswa KKN Kedokteran.

“Banyak yang mengeluh tentang penyakitnya. Ternyata anak Dayah Darul Ulum sendiri sudah lama terkena penyakit Skabies ini sendiri dan mereka sudah berobat, namun salah penggunaannya. Mereka menggunakan obatnya terkadang badannya belum dibersihkan,” ungkap Zepri.

Pada kesempatan itu, dr M.Mimbar Topik memberikan obat salep skabies secara gratis kepada anak Dayah Darul Ulum yang ada di Gampong Bayu. Lalu dokter juga mengajari cara penggunaannya, cara membersihkan diri dan membersihkan daerah tempat beristirahat. Acara penyuluhan berakhir dengan sesi foto bersama di lokasi. [tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar