Mahasiswa KKN 94 Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun dan Keripik untuk UMKM Gampong Kuta Krueng

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 94 Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun dan Keripik untuk UMKM Gampong Kuta Krueng

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 94 Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan untuk kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Gampong Kuta Krueng kecamatan Samudera, Aceh Utara, Sabtu (18/11/2022).

Ketua Kelompok KKN, Said Afif Nabil mengatakan, kegiatan pelatihan UMKM ini guna untuk meningkatkan kreativitas yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi keluarga . Kegiatan pelatihan UMKM yang dilakukan adalah pembuatan keripik batang pelepah pisang dimana bahan bakunya banyak terdapat di sekitaran desa. Dengan begitu warga tidak lagi memerlukan modal yang besar cukup memanfaatkan bahan yang tersedia.

“Kegiatan ini juga dilakukan dengan didampingi ibu Geuchik Gampong Kuta Krueng. Selain membuat keripik batang pelepah pisang, kami juga mengajarkan cara pembuatan sabun cuci piring. Dimana ini adalah peluang besar untuk dibukanya usaha yang kelolah dikarenakan banyaknya peminat,” katanya.

Said menyebutkan, warga sangat antusias melakukan praktik kegiatan ini, setelah melakukan kegiatan warga termotivasi untuk menjalankan bisnis UMKM yang telah diajarkan.

"Ini adalah hal baru bagi ibu-ibu di gampong ini  yaitu membuat keripik dari pelepah batang pisang, dengan bahan yang mudah ini pastinya banyak yang tertarik akan membuat nya. Tidak hanya itu dengan rasa yang enak dan tampilan yang menarik keripik ini pasti akan laku di pasaran," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Said, pembuatan sabun dilakukan di halaman meunasah dengan bahan yang telah dipersiapkan sebelum nya. Sabun merupakan bahan kebutuhan yang akan selalu digunakan maka dari itu mahasiswa juga memilih sabun untuk melakukan kegiatan UMKM ini

"Pembuatan sabun merupakan saran dari salah satu warga kuta krueng dari situ kami mengembangkan saran tersebut  dengan mengajarkan cara pembuatannya, ternyata banyak sekali warga yang ber antusias," pungkas Said Afif Nabil, mahasiswa KKN dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Marzuki MSi.[tmi]


Kirim Komentar