Mahasiswa KKN 35 Ikuti Pelatihan Pemetaan Kebun Sawit Menggunakan Drone

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 35 Ikuti Pelatihan Pemetaan Kebun Sawit Menggunakan Drone

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 35 mengikuti kegiatan pelatihan pemetaan kebun sawit menggunakan drone bersama Dinas Perkebunan Lhokseumawe dan Lembaga Swadaya Masyarakat di Gampong Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Minggu (27/11/2022).

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa KKN kelompok 35 bersama kelompok tani dan Geuchik Gampong Sido Mulyo.

Ketua kelompok KKN, Anggi Rivai menyampaikan, dengan adanya teknologi drone ini dapat memudahkan para petani sawit untuk menghemat waktu dan biaya, dalam kegiatan ini dipilih area kebun sawit warga yang cukup kering dan pohon sawit yang belum terlalu tinggi agar meminimalisir risiko drone menabrak pohon dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya.

Kemudian, Geuchik Gampong Sido Mulyo, Abdullah mengatakan, kegiatan pemetaan menggunakan drone ini merupakan hal baru bagi petani sawit Sebelumnya para petani sawit masih menggunakan cara manual untuk mengukur luas kebun sawit dan melihat keseluruhan area perkebunan.

Semua peserta yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Setiap peserta juga diberi kesempatan untuk mencoba langsung mengoperasikan drone agar bisa mempraktekkan langsung di kebun masing-masing nantinya.

Anwar Fuadi,  Kepala Dusun Alue Mbang Sp. 3 menuturkan kegiatan ini sudah ditunggu-tunggu oleh para warga.

"Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan drone ini dapat membuat warga lebih peduli hp dengan perkembangan teknologi sehingga semua kegiatan lebih efektif dan efisien," pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar