Mahasiswa KKN 93 Melakukan Survey Data Kependudukan Potensi Ekonomi Dan Pendidikan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 93 Melakukan Survey Data Kependudukan Potensi Ekonomi Dan Pendidikan

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) kelompok 93 Universitas Malikussaleh melakukan survei kependudukan di  Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara Senin (07/11/2022).

Kegiatan survei kependudukan ini dilaksanakan untuk mengetahui potensi perekonomian dan pendidikan masyarakat di desa Beuringen. Survey dilakukan pada Dusun Tanjung Madek, Dusun Teungku Syarif, dan Dusun Teungku Empat Puluh Empat. Proses pendataan kependudukan dilakukan dengan cara terjun langsung mengunjungi rumah-rumah warga di samping kepala dusun Teungku Empat Puluh Empat, Adi.

Kepala dusun Teungku Empat Puluh Empat, Adi mengatakan, pendataan kependudukan masyarakat ini sangat berdampak baik bagi mahasiswa dan desa, dengan diadakan survei ini mahasiswa KKN dapat berinteraksi langsung dan dapat bersilaturahmi ke rumah warga, dengan adanya survei ini dapat membantu desa untuk mengetahui masalah perekonomian warga, katanya.

Hasil yang didapatkan banyak warga yang sangat tertinggal dalam pendidikan, kebanyakan warganya lulusan SD dan banyak anak-anak yang ketinggalan pendidikan dan tidak bisa membaca.

Muhammad Arif ketua kelompok KKN 93 menyampaikan, pendidikan sangatlah penting untuk ditingkatkan di desa ini, agar anak-anak mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dan masalah mata pencaharian perlu di data agar kita mengetahui struktur perekonomian di desa Beuringen.

“Tugas kami sebagai mahasiswa wajib memberikan solusi dan mengajak para warga untuk belajar bersama dan memberikan pencerahan mengenai hal-hal yang terkait masalah perekonomian dan pendidikan, dengan memberikan arahan berupa belajar membaca Bersama dan prospekan mengenai beasiswa bagi yang terkendala pada perekonomian”,ungkapnya.

Kelompok 93 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh ini beranggota 15 orang, Arif, Ihsan, Farhan, Hadi, Rizal, Raina, Endang, Rina, Elyza, Rahma, Nada, Intan, Nita, Ina, dan Isma, yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Marzuki MSI.[tmi]


Kirim Komentar