Mahasiswa KKN 114 Membuat Struktur Pemerintahan di Gampong Pulo

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 114 Membuat Struktur Pemerintahan di Gampong Pulo

UNIAMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Malikussaleh (KKN PPM) Kelompok 114 Membuat struktur pemerintahan di Gampong Pulo, Kecamatan Samudera, Aceh utara, Kamis (01/12/2022).

Gampong merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perangkat Gampong merupakan bagian dari lembaga eksekutif gampong yang terdiri dari Keuchik dan Teungku Imum Meunasah beserta Perangkat Gampong. Dalam wilayah Gampong terdapat sejumlah Dusun/Jurong atau nama lain dikepalai oleh Kepala Dusun/Jurong atau nama lain, yang merupakan unsur pelaksana wilayah dari Pemerintah Gampong.

Muhammad Iqbal selaku ketua kelompok KKN PPM 114 mengatakan bahwasannya kegiatan membuat struktur pemerintahan gampong ini merupakan kegiatan yang sangat penting, karena dengan adanya struktur pemerintahan para masyarakat gampong dapat mengetahui siapa aja yang memiliki wewenang di Gampong yang mereka tempati.

“Struktur pemerintahan Gampong adalah sesuatu yang sangat penting menurut saya, karena didalam struktur tersebut terdapat nama-nama serta jabatan dari para orang-orang yang memiliki wewenang penuh pada Gampong. Sehingga ketika ada masyarakat yang tidak mengetahui siapa saja orang-orang yang memiliki wewenang di Gampong dapat melihat struktur pemerintahan ini saja”

Menurut geuchik setempat, Mustafaruddin menyampaikan, pihaknya juga sebenarnya ada terfikir untuk membuat struktur pemerintahan Gampong, tetapi karena pada saat proses pembuatan ada salah satu dari orang yang memegang wewenang tersebut digantikan sehingga dibatalkanlah pembuatan struktur tersebut.

Struktur pemerintahan Gampong tersebut dibingkai dengan rapi sehingga jikalau ada masyarakat yang ingin melihat atau membacanya dapat dengan jelas memahaminya.

Anggota KKN PPM Kelompok 114 yang dibimbing oleh Imanullah MSi yang  beranggotakan 16 orang terdiri dari beberapa program studi.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar