Kelompok 2 KKN Tematik Unimal Bangun Tempat Pembuangan Sampah di Reuleut Barat

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 2 KKN Tematik Unimal membangun tempat pembuangan sampah dan menyumbang tong sampah fiber di Gampong Reuluet Barat Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara beberapa waktu lalu. Foto:Ist.

UNIMALNEWS| Krueng Geukueh – Dalam rangka menciptakan lingkungan gampong yang bersih dan nyaman, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Kelompok 2 membuat tempat pembuangan sampah di Gampong Reuleut Barat, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara beberapa waktu yang lalu.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, Luthfia Hadia selaku Ketua Kelompok 2 mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu respons dari keprihatinan atas masalah sampah yang menjadi persoalan global dewasa ini. Lanjutnya, sampah yang berserakan juga menyebabkan terganggunya keindahan lingkungan, menimbulkan masalah kesehatan serta dapat menyebabkan bencana banjir dikarenakan saluran air yang tersumbat.

“Kami membangun tempat pembuangan sampah dan menyumbang tong sampah fiber agar warga gampong memiliki tempat pembuangan sampah sehingga sampah tidak lagi dibuang sembarangan. Semoga ke depannya akan ada kegiatan lainnya yang bisa memberikan edukasi mengenai penanganan sampah terutama di level rumah tangga,”ujar Luthfia.

Tempat pembuangan sampah ini ditempatkan di pekarangan dayah yang ada di gampong Reulet Barat mengingat lokasinya yang strategis di antara 4 dusun yang ada di gampong tersebut. Teungku Afandy SPdi selaku pimpinan dayah mengapresiasi inisiatif anggota kelompok 2 KKN Tematik ini. Ia menganggap bahwa program yang dijalankan para mahasiswa sudah cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan Kelompok 2, Zuriani mengatakan bahwa dengan adanya tempat pembuangan sampah ini, kesadaran masyarakat untuk menanggulangi masalah sampah menjadi semakin baik.”Masalah sampah menjadi masalah yang solusinya harus dicari oleh semua pihak. Dengan adanya tong sampah ini, semoga bisa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan sampah di Gampong Reuleut Barat,”ujar Zuriani.

Kelompok 2 KKN Tematik Unimal ini beranggotakan 21 orang yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Malikussaleh.[kur]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar