Mahasiswa KKN Tematik 19 Ikut Bantu Kegiatan Posyandu di Gampong Tambon Tunong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 19 Ikut Bantu Kegiatan Posyandu di Gampong Tambon Tunong

UNIMALNEWS | Krueng Geukeh - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 19 Universitas Malikussaleh ikut serta dalam kegiatan Posyandu di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Aceh, Selasa (06/12/2022).

Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Gampong Tambon Tunong setiap sebulan sekali. Keikutsertaan mahasiswa KKN Tematik Unimal Kelompok 19 dalam kegiatan Posyandu merupakan salah satu bentuk pengabdian peserta KKN Tematik kelompok 19 terhadap Gampong Tambon Tunong.

“Keikutsertaan kami dalam kegiatan posyandu ini merupakan suatu bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat khususnya di Desa Tambon Tunong ini agar dapat berjalan dengan baik dan juga lancar,” kata Ananda

Kepala Bidan Posyandu, Dedek menyampaikan, kegiatan posyandu ini diawali dengan penimbangan balita, mengukur tinggi badan, berat badan yang akan dicatat dibuku sebagai acuan posyandu selanjutnya guna melihat perkembangan anak. Kemudian menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang mana didalam buku ini berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.

“Posyandu ini merupakan kegiatan rutinan yang dilakukan oleh pemerintah desa Tambon Tunong sebulan sekali untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak balita yang berfungsi sebagai kekebalan yang alami sehingga bisa melindungi anak-anak dari penyakit tertentu”, dan bagi mahasiswa KKNT bisa membantu mencatat tinggi badan, berat badan, serta lingkar kepala balita", ungkapnya.

Pada kesempatan ini Kepala Bidan didampingi beberapa anggota kesehatan lain, Masyarakat Tambon Tunong, Peserta Posyandu dan Peserta KKN Tematik Kelompok 19.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Syarifuddin MT IPM sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN yang dibimbingnya tersebut.[tmi]


Kirim Komentar