Manfaatkan Lahan Sempit, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN Tematik 02 di Reuleut Barat

SHARE:  

Humas Unimal
Manfaatkan Lahan Sempit, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN Tematik 02 di Reuleut Barat

 

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 02 Universitas Malikussaleh melakukan pemanfaatan lahan sempit menjadi apotik hidup dan hortikultura di Gampong Reuleut Barat, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Senin (20/12/2022).

Lutfi selaku ketua kelompok  mengatakan, kegiatan ini untuk memaksimalkan lahan tersebut dengan menanam obat yang diyakini banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh, misalnya jahe, lengkuas, bawang merah, daun cincau, kumis kucing, lidah buaya, daun dewa, sambiloto, daun saga, dan lain sebagainya. Berbagai macam tanaman tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda beda bagi kesehatan tubuh.

"Dari kegiatan pemanfaatan lahan tersebut dampak yang didapatkan yakni warga Desa Reuleut Barat mendapatkan pengetahuan bagaimana memanfaatkan lahan yang ada menjadi apotek hidup yang memiliki banyak sekali manfaat," katanya.

Lutfi menyebutkan, tidak hanya berupa tanaman obat-obatan, di dalam apotek hidup tersebut terdapat tanaman sayur-sayuran, seperti bayam dan tanaman sayur-sayuran maupun bumbu dapur lain yang bisa dimanfaatkan untuk memasak bagi masyarakat di sekitar lahan tersebut.

“Tujuannya kegiatan ini adalah untuk penghematan uang belanja sehingga dapat menjaga tingkat ekonomi keluarga. Budget kebutuhan sehari-hari dapat diminimalisir oleh para ibu-ibu dengan menggunakan bahan bumbu dapur yang dapat disediakan sendiri melalui apotek hidup di lingkungan masing-masing,” ungkapnya.

"Kegiatan ini dilakukan kurang lebih 1 bulan mulai dari mencari dan membuat pupuk organik sampai melakukan penanaman baik penanaman apotik hidup ataupun hortikultura," tambah Lutfi.[tmi]


Kirim Komentar