Mahasiswa KKN Tematik 29 Kunjungi UMKM Opak Singkong di Gampong Meunasah Dayah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 29 Kunjungi UMKM Opak Singkong di Gampong Meunasah Dayah

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 29 Universitas Malikussaleh berikan inovasi rasa opak singkong pada salah satu UMKM di Gampong Meunasah Dayah, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Kamis (5/1/2023).

Salah satu anggota KKN Tematik, Ratna mengatakan, kegiatan ini dilakukan pada UMKM salah satu warga Gampong Meunasah Dayah yang memproduksi opak. Opak yang diproduksi tersebut merupakan opak dengan rasa original yang bahan bakunya adalah singkong.

“Pemberian inovasi rasa pada opak ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan pada produk serta menarik minat pembeli. Varian rasa yang diberikan adalah opak rasa pedas dan opak daun seledri,” katanya.

Ratna menyebutkan, selain pemberian inovasi pada rasa opak, mahasiswa KKNT kelompok 29 juga melakukan desain label pada kemasan opak. Label yang diberikan berupa stiker dengan nama “Opak De’ Tasya”. Pembuatan label ini juga bertujuan untuk menarik minat pembeli.

Harga opak per bungkus dipasarkan dengan harga Rp. 5000 dengan isi sebanyak 10 lembar opak. Opak tersebut kemudian dipasarkan pada grosir-grosir dan toko kelontong yang berada di sekitaran kecamatan Muara Satu dan juga pada social media. Para anggota kelompok 29 sangat antusias dengan program kerja ini.

“Semoga selanjutnya opak-opak di Gampong Meunasah Dayah dapat dilakukan inovasi pada rasa opaknya sehingga dapat menarik minat pembeli. Dengan terobosan varian rasa opak ini semoga penjualan opak milik ibu lia semakin meningkat juga,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar