Mahasiswa KKN Tematik 2 Sosialisasi Pengembangan UMKM Melalui Kerupuk Kulit Pisang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 2 Sosialisasi Pengembangan UMKM Melalui Kerupuk Kulit Pisang

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 2 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tema pemanfaatan limbah kerupuk kulit pisang di Gampong Reuleut Barat Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Rabu (18 /01/2023) .

Lutfi selalu ketua kelompok mengatakan, UMKM memiliki beberapa keunggulan dibandingkan usaha besar yaitu inovasi yang mudah terjadi dalam pengembangan produk, kemampuan menyerap tenaga kerja cukup banyak, fleksibilitas, dan adaptasi terhadap perubahan pasar yang cepat lebih baik dibandingkan usaha besar.

"Maka dari itu mahasiswa KKNT kelompok 2 melakukan kegiatan sosialisasi yang tujuannya adalah mengenalkan bisnis UMKM yang lebih baik melalui pengenalan pemasaran, biaya dan resiko studi yang diolah adalah kerupuk kulit pisang yang dibuat oleh kami," kata Lutfi. 

Ia menyebutkan, masyarakat berantusias dalam mengikuti sosialisasi yang dilakukan untuk menambah wawasan mereka terhadap pengembangan bisnis UMKM yang sudah ada. Dengan cara ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Reuleut Barat kedepan. Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi pembuatan kerupuk dari limbah pertanian yaitu kulit pisang.

"Kegiatan ini dilakukan bersama ibu-ibu rumah tangga yang ingin membuka peluang usaha dan diharapkan mampu memanfaatkan limbah sebagai salah satu bisnis UMKM yang bisa berjalan," pungkas Lutfi.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar