Mahasiswa KKN Tematik 03 Sosialisasi Bentuk Laporan Keuangan yang Baik pada UMKM

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 03 Sosialisasi Bentuk Laporan Keuangan yang Baik pada UMKM

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 03 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi dan pelatihan laporan keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gampong Meunasah Lhok Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (02/2/2023).

Sosialisasi tersebut dilakukan oleh mahasiswa jurusan Akuntansi yang beranggotakan Safria Selfia Suci, Cut Vika Ariska Rahmadani, Nofa Tutdar, dan Mistahul Jannah.

Cut Vika Ariska mengatakan, berdasarkan survei di lapangan pada awal pelaksanaan KKN hampir keseluruhan pengusaha yang ada di Meunasah Lhok belum menerapkan sistem pencatatan keuangan pada usahanya, sehingga kinerja usaha tersebut tidak dapat di lihat secara jelas.

“Tujuan dari sosialisasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha kecil menengah dalam membuat laporan keuangan,” katanya.

Salah satu contoh UMKM yang dikunjungi adalah kilang padi yang berdiri sejak tahun 2004 sampai sekarang (19 tahun).  

"Pencatatan pembukuan sederhana sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis hal ini terbukti melalui pembukaan atas pendapatan dan pengeluaran sepanjang produksi itu dilaksanakannya," jelas Safria Selfia Suci.

Lanjutnya, dengan membuat laporan keuangan secara akuntansi pemilik UMKM dapat melihat kondisi dan perkembangan bisnisnya, termasuk keuntungan dan kerugian penjualan. Dengan ini, pembukuan dapat dijadikan patokan dalam merancang strategi bisnis kedepannya.[tmi]


Kirim Komentar