Mahasiswa KKNT Kelompok 18 Sosialisasi Budidaya Tanaman Hidroponik

SHARE:  

Humas Unimal
Foto ust

 

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 18 Universitas Malikussaleh, mengadakan sosialisasi Pengenalan Budidaya Tanaman dengan menggunakan Media Hidroponik di Dusun II Desa Tambon Baroh Kecamatan Dewantara, Sabtu (27/01/2023).

 

Sosialisasi Pengenalan Budidaya Tanaman dengan menggunakan Media Hidroponik sudah direncakan sejak awal mula KKN dilakasanakan dan juga menjadi salah satu Program Kerja dari Mahasiswa KKN-TMT Kelompok 18 di Desa Tambon Baroh, namun baru bisa terselenggarakan pada saat ini.

 

Pelaksanaan sosisalisasi ini dilaksanakan di Dusun II Desa Tambon Baroh Kecamatan Dewantara yang menjadi lokasi KKN-TMT Kelompok 18. Dalam kesempatan tersebut Kiki Ayunda Dewi yang pada saat itu menjadi moderator, Qiela Syahfitri dan Cindy Febrina yang menjadi pemateri, masing” menjelaskan hal tersebut, mulai dari cara pembuatan media tanam, pembibitan, pemindahan bibit ke media tanam sampai dengan pemberian nutrisinya.

 

“siapkan dulu media tanamnya, bisa berupa wadah seperti baskom yang mampu menampung tanaman, sreofom yang sudah di beri lubang, rokwoll, nettpot atau bisa juga dengan menggunakan pipa yang sudah diberi lobang. Setelah itu dalam proses pembibitan, benih di semai di atas rokwoll yang lembab dalam suhu ruangan, dan setelah benih tumbuh pindahkan ke bawah sinar matahari. 

 

Setelah daun tumbuh sebanyak 4 lembar bibit sudah bisa di pindahkan ke media tanam, ucap qiella pada materi yang disampaikannya.

 

“penanaman tanaman dengan media tanam hidroponik lebih mudah dan lebih praktis, karena perawatan yang simple dengan hanya menggunakan air dan nutrisi, nutrisi yang digunakan dalam media hidrponik adalah nutrisi AB MIX yang sudah lengkap untuk membantu pertumbuhan tanaman, dalam penjelasan cindy sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut.

 

Harapannya, setelah melakukan sosialisasi tersbut adalah, agar ibu- ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga bisa menjadikan hidroponik sebagai pengisi waktu luang tanpa harus memerlukan lahan yang luas dan juga bisa sebagai penambah pendapatan ditengah profesi sebagai ibu rumah tangga.

 

Kesuksesan kegiatan tersebut tidak lepas dari bimbingan dan dukungan bapak Teuku Muzaffarsyah, S.IP., M. A.P., CIIQA, CIT sebagai dosen pembimbing lapangan yang memberikan kontribusi yang sangat besar. Dan juga dengan semangat dan kerja keras dari mahasiswa/i KKNT kelompok yaitu, Rais Khalil Mubarak, Muhammad Ridha, , Muhammad Ikhsan Saifullah, Irsadiah Lingga, Siti Chairani Siregar, Qiella Syahfitri, Ainun Fatwa, Salsabila Rizky, Umraini Khairani, Nurafni, Nurhabiba Annisa Fitri Manalu, Hairumnisa, Adelia Putri, Hajira Putri, Wahyuni, Kiki Ayunda Dewi, Cindy Febrina, Eka Novitasari, Salsabila.(mcl)


Kirim Komentar