Mahasiswa KKN Tematik Terus Gali Data Anak Stunting di Tambon Tunong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 01 Universitas Malikussaleh terus mencari akar masalah dari penyebab terjadinya stunting di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik kelompok 01 Universitas Malikussaleh terus mencari akar masalah dari penyebab terjadinya stunting di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Mahasiswa yang berjumlah 40 orang itu dibagi dalam delapan tim untuk menjalankan tugas tersebut. Tim 5 yaitu Nurfahmi Pramudia, Wilda Ansari, Siska Rahayu, Devika Yuanita, dan Neneng Anjarwati. Pada 30 Maret 2023 mereka melaksanakan wawancara dengan Nurbaiti selaku ketua Kader Posyandu guna mengetahui data anak stunting di Gampong Tambon Tunong.

“Hasil yang didapatkan yaitu terdapat 6 orang anak yang dinyatakan stunting yang berasal dari Dusun II, III, dan V Gampong Tambon Tunong. Adapun penyebab stunting pada anak yaitu kurangnya makanan bergizi dan pola asuh anak yang kurang tepat,” kata salah satu mahasiswa Nurfahmi Pramudia kepada Unimalnews, Jumat (7/4/2023).

Nurfahmi berharap dengan adanya KKN Tematik peduli stunting ini dapat membawa hal positif dalam mencegah dan menurunkan angka stunting yang ada di Gampong Tambon Tunong.

“Sejalan dengan program BKKBN Aceh Utara yang fokus terhadap stunting yaitu mengurangi dan mencegah pertumbuhan angka stunting, maka hal ini dapat mempermudah BKKBN Aceh Utara untuk mendapatkan informasi data anak stunting yang ada di Gampong Tambon Tunong,” ungkap Nurfahmi.

Kegiatan ini juga di dukung oleh Geuchik  Gampong Tambon Tunong, Murdani yang bersedia membantu mengarahkan mahasiswa KKNT untuk dapat lebih muda mendapatkan data anak stunting.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Halimatus Sakdiah MPd menyambut baik inisiatif mahasiswa KKN Tematik yang langsung turun ke lapangan untuk mengetahui data anak stunting melalui ketua kader Posyandu di Gampong Tambon Tunong.

“Ini merupakan pendataan awal yang dilakukan oleh kelompok 1 tim kader untuk mengetahui data anak stunting yang ada di Gampong Tambon Tunong dan merupakan langkah awal untuk melakukan kegiatan pencegahan stunting selanjutnya,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar