Kelompok KKN 39 Unimal Turut Bantu Kenduri Tahunan Gampong Meuria Bluek

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di gampong Meuria Bluek turut membantu warga dalam kenduri woet ie bue, Sabtu (31/8/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Aceh Utara – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di gampong Meuria Bluek Kabupaten Aceh Utara ikut membantu terlaksananya kenduri tahunan di gampong tersebut. Kenduri yang sudah merupakan tradisi turun temurun ini diberi nama dengan woet ie bue. Untuk tahun ini kenduri tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (31/8/2019).

Kenduri woet ie bue ini merupakan merupakan tradisi masyarakat setempat dalam mendoakan agar sawah mereka bebas dari hama. Acara tahunan ini diadakan setiap musim padi di hari tertentu, yaitu pada saat padi mulai berisi.

Humas KKN kelompok 39, Safrizal Efendi dalam rilis yang diterima unimalnews menyebutkan  bahwa kegiatan tersebut diawali dengan memasak makanan yakni bubur nasi yang akan dimakan pada saat kenduri. Semua mahasiswa yang KKN di gampong ini ikut serta sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Setelah proses pembuatan makanan selesai, kemudian makanan tersebut dihidangkan di tengah warga. Namun sebelum makan, dilakukan do’a bersama yang dipimpin oleh Teungku Imum gampong. Kegiatan yang bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1441 H diikuti oleh warga gampong dengan perasaan sukacita, ujar Safrizal.

Sementara itu bagi Ketua Kelompok KKN 39 Zaid Al Adawi, mengikuti kenduri woet ie bue ini adalah pengalaman pertama baginya. Persatuan warga gampong sangat terasa dalam pelaksanaan kenduri ini. Semoga hal ini bisa terus bertahan dan terjaga nilai-nilainya dalam masyarakat kita, kata Zaid.


Kirim Komentar