Salam dari Binjee, Mahasiswa KKN Kelompok 09 Bikin Kinclong Fasilitas Gampong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Gampong Binjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara, membersihkan meunasah dan fasilitas gampong lainnya, Rabu (25/5/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Mahasiswa KKN Kelompok 09 Universitas Malikussaleh di Gampong Binjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara, tidak menunggu waktu lama untuk melakukan kegiatan di lokasi KKN. Sehari setelah tiba di lokasi, Ahmad Fajrul Amin dkk langsung  melakukan berbagai kegiatan positif setelah berkoordinator dengan aparatur desa.

Sehari setelah tiba di Binjee, Fajrul mengajak mahasiswa lain untuk membersihkan toilet meunasah gampong. Kegiatan itu membuat toilet menjadi kinclong dan menjadi lebih bersih. “Kami memulai dengan kegiatan ringan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap mahasiswa Teknik Informatika tersebut, Rabu (24/5/2023).

Setelah membersihkan toilet gampong, mahasiswa juga membersihkan meunasah. Fajrul mengatakan kegiatan itu untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat setempat. Mahasiswa KKN-Program Pengabdian Masyarakat (PPM) sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah, sehingga mereka bersemangat melaksanakan tugas tersebut.

 

Mahasiswa membersihkan lantai, membersihkan debu, dan merapikan seluruh area tempat ibadah. Selain itu, mereka juga melakukan pengecatan dinding dan perbaikan kecil yang diperlukan. “Meunasah pun menjadi lebih kinclong,” tambah Sekretaris KKN Kelompok 09, Farianti Zuhra.  

Menurut mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut, kelompoknya ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dengan menjaga meunasah agar tetap bersih dan nyaman bagi warga. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap tempat ibadah mereka," tambah Farianti Zuhra.

Keuchik Gampong Binjee, Murhaban, mengapresiasi kegiatan perdana Kelompok 09 dalam membersihkan meunasah. ”Kami sangat merasa terbantu dan menghargai kepedulian mahasiswa dalam menjaga kebersihan meunasah sebagai tempat kegiatan warga, termasuk untuk beribadah,” kata Murhaban yang akrab disapa Cek Mun.

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 09, Ayi Jufridar, mengharapkan Fajrul dkk segera menyusun program agar dalam pekan pertama setelah tiba di lokasi KKN, bisa segera dilaksanakan. “Programnya harus sejalan dengan tema KKN dan diharapkan bisa memberikan manfaat jangka panjang kepada masyarakat desa,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Mahasiswa Kelompok 09 di Desa Binjee diketuai Ahmad Fajrul Amin dari Teknik Informatika. Pimpinan kelompok lain adalah Wakil Ketua, M Abrar Roffa dan Farianti Zuhra, keduanya dari Fakultas Kedokteran. Kemudian Bendahara, Irna Nurul Hidayah dari Teknik Arsitektur.

Para anggota Kelompok 09 adalah Imam Irawan Saputra Hasibuan, Nadia Ulfa, dan Nailatul Uhya yang semuanya berasal dari Fakultas Kedokteran. Selain itu, ada Khairunnisah Hasibuan (Pendidikan Fisika), Zaky Dwidana Nasution (Agribisnis), Sandro Adhitama (Teknik Mesin), Muhammad Reza (Teknik Sipil), serta Khairul Ambia (Teknik Informatika).

Banyaknya mahasiswa dari Fakultas Kedokteran diharapkan menjadi kekuatan dari Kelompok 09 dalam membuat program serta kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kesehatan masyarakat setempat.[bas]


Berita Lainnya

Kirim Komentar