Minggu Pertama KKN-PPM Unimal, Mahasiswa Kelompok 6 Bersihkan Meunasah Di Tingkeum

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Unimal kelompok 6 bersihkan meunasah di Desa Tingkeum, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara pada Rabu (24/05/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 6 Universitas Malikussaleh melakukan pembersihan meunasah di Gampong Tingkeum, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara pada Rabu (24/05/2023).

Pembersihan meunasah ini dilakukan sebagai upaya dalam menjaga kebersihan tempat beribadah yang ada di gampong tersebut. Muhammad Doli Reza Lubis selaku ketua pelaksana mengatakan pembersihan meunasah dilakukan karena mengingat hampir seluruh aktivitas masyarakat gampong ini bermuara di meunasah.

“Kami telah membersihkan tempat wudhu dan kamar mandi di meunasah Gampong Tingkeum. Berhubung meunasah gampong ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat, tidak ada salahnya kita bersihkan tempat wudhu dan kamar mandi di meunasah ini,” terangnya.

Ia juga berharap dengan dibersihkannya meunasah ini, masyarakat dapat merasa nyaman dan betah ketika berkunjung ke meunasah Gampong Tingkeum ini. “Kami melakukan pembersihan lumut di lantai tempat wudhu, membersihkan kerak-kerak yang ada di dinding, dan melakukan penyiraman berulang kali agar area itu tampak bersih,” lanjut Doli.

Irwali selaku Geuchik Gampong Tingkeum mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini. Menurutnya, kegiatan itu bukan hanya kegiatan bersih-bersih semata, melainkan suatu ladang pahala bagi mereka.

“Kami selaku masyarakat turut berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa karena telah meluangkan waktu untuk membersihkan tempat wudhu dan kamar mandi di meunasah gampong ini,” ucapnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Emmia Tambarta Kembaren MSi  mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Kegiatan membersihkan meunasah ini merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan, mengingat Nisam ini adalah desanya para ulama. Semoga mahasiswa terus menebar kebaikan bagi masyarakat Gampong Tingkeum ini,” pungkas Emmia. [fzl]


Kirim Komentar