Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 2 Unimal Bantu Warga Bagi Zakat Padi

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 2 KKN-PPM Unimal bantu masyarakat Gampong Paloh Kayee Kunyet bagi zakat padi, Selasa (23/05/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 2 Universitas Malikussaleh membantu masyarakat membagi zakat padi setelah panen raya berlangsung di Gampong Paloh Kayee Kunyet, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (23/05/2023). 

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, ketua kelompok Ahmad Azhari menyampaikan bahwa kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor Geuchik di desa setempat.

“Kami membantu segala aktivitas pembagian zakat, kami membagi tugas masing-masing sesuai dengan arahan yang diberikan oleh masyarakat,” terangnya.

Geuchik Gampong Paloh Kayee Kunyet, Mursalin mengatakan bahwa zakat pertanian yang dilaksanakan ini merupakan hasil panen raya yang dihasilkan oleh para petani di desa.

“Zakat pertanian harus dikeluarkan oleh setiap individu atau kelompok yang memiliki lahan pertanian atau hasil panen yang mencukupi nisab (batas minimal untuk wajib zakat),” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa nisab untuk zakat ini sebanyak 5 wasaq atau sekitar 653 kilogram beras. Apabila hasil panen mencapai nisab, maka kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 5% atau 1/20 dari hasil panen setelah pemotongan biaya produksi.

“Sistem pembagian zakat ini diberikan kepada fakir miskin sebanyak 97 kg padi dan untuk miskin 20 kg padi," ucap Mursalin.

Lanjutnya, dengan total pendapatan panen kali ini yang diperoleh masyarakat Gampong Paloh Kayee Kunyet, pembayaran zakat kali ini mencapai 124 gunca dan 1 gunca terhitung berada di angka 140 kg. 

Kelompok ini dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) adalah Dr Jariah Abu Bakar. [fzl]


Kirim Komentar