Pupuk Organik Cair Dari Bonggol Pisang Karya Mahasiswa KKN Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 42 sedang mencincang bonggol pisang yang akan digunakan sebagai bahan pembuat pupuk organik cair di gampong Paya Kambuk Aceh Utara, Selasa (3/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Aceh Utara – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di lokasi KKN. Hal itu dirasakan oleh warga di gampong Paya Kambuk Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara.

Manfaat yang dirasakan oleh warga gampong salah satunya adanya transfer ilmu pengetahuan dari mahasiswa di lokasi KKN. Kali ini hal itu didapatkan dari inovasi menjadikan bonggol pisang menjadi pupuk organik cair.

Pembuatan pupuk cair dari bonggol pisang tersebut dilakukan oleh Mahasiswa KKN Unimal kelompok 42 pada hari Selasa (3/9/2019). Ide ini dimunculkan oleh Yuli Syahri Simanjuntak , anggota Kelompok 42 yang merupakan mahasiswa fakultas Pertanian, sebut Abdul Hasib yang bertindak sebagai Ketua Kelompok 42.

Menurut Yuli, ide ini muncul karena dia melihat di gampong tersebut, bonggol pisang tidak dimanfaatkan oleh warga. Bonggol ini banyak mengandung bahan yang baik untuk dijadikan pupuk kata Yuli.

Adapun proses pembuatan pupuk cair ini adalah dengan mencari bonggol pisang dan mencincangnya kecil-kecil. Kemudian dicampur dengan air cucian beras (lery) dan larutan air gula aren. Setelah itu difermentasikan selama 2 pekan di dalam wadah yang kedap udara, terang Intan. [ryn]


Kirim Komentar