Kelompok 11 KKN-PPM Unimal Cek Kesehatan Warga di Meunasah Rayeuk

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 11 KKN-PPM Unimal melaksanakan pengecekan kesehatan masyarakat di Gampong Meunasah Rayeuk, Nisam, Aceh Utara, Senin (29/05/2023).Foto:Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Sejumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang tergabung dalam kelompok 11 melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan masyarakat di Gampong Meunasah Rayeuk, Nisam, Aceh Utara, Senin (29/05/2023).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan home visit dan pemeriksaan tekanan darah. Home visit dan pemeriksaan tekanan darah ini merupakan agenda kedua yang terlaksana setelah kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh anggota Kelompok 11 di Gampong Meunasah Rayeuk.

Dalam rilis yang dikirimkan kepada Unimalnews, Andika selaku ketua kelompok 11 mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meninjau kesehatan warga sebagai deteksi dini untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi. Mengingat tema yang diusung dalam KKN-PPM ini yakni Membangun Desa untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Cerdas, dan Berkualitas.

”Kegiatan yang dimotori kawan-kawan dari Fakultas Kedokteran ini dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah masyarakat dan melakukan pengecekan tekanan darah. Dari jumlah warga yang dikunjungi, hampir setengahnya mengalami tekanan darah tinggi”,ujar Andika.

Lebih lanjut Andika mengatakan bahwa masyarakat juga mendapat edukasi untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah dengan harapan mereka bisa menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola makan, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Menurut Andika, kegiatan home visit ini juga sekaligus merupakan sarana siaturahhim antara mahasiswa KKN dan masyarakat.

Sementara itu, Arief Rahman MPd selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) kelompok 11 menyambut baik program kerja yang digagas kelompok bimbingannya. Ia selalu menekankan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di gampong tempatan haruslah  program yang dipelukan dan bermanfaat bagi warga sekitar, terutama program kerja di bidang pendidikan dan kesehatan. [kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar