Lewat Celengan Kaleng Bekas Mahasiswa KKN Unimal Sosialisasi Budaya Gemar Menabung

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 68 bersama anak-anak gampong Blang Ado berfoto bersama dengan menunjukkan hasil celengan yang berasal dari kaleng bekas, Selasa (3/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Aceh Utara – Sejumlah mahasiwa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di gampong Blang Ado mengajak anak-anak berinovasi melalui pemanfaatan barang bekas berupa kaleng susu bekas untuk di olah menjadi celengan. Kegiatan ini dilakukan di menasah Krung Inong Desa Blang Ado kecamatan Kuta Makmur, Selasa (3/9/2019).

Kegiatan ini merupakan salah satu program yang sudah direncanakan oleh kelompok 68. Kegiatan ini menbdapat respon yang baik dari anak-anak di gampong Blang Ado.

Menurut Derry Ichsan, Ketua  KKN Kelompok 68, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh anak-anak tersebut. Dalam kegiatan ini mahasiswa mengajarkan cara memanfaatkan kaleng susu bekas untuk dijadikan celengan yang bernilai jual.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan celengan ini sangat mudah ditemukan. Kaleng bekas tersebut dipadukan dengan kain flanel yang dibuat semenarik mungkin agar mempunyai seni dan memiliki nilai jual yang baik, ujar Derry.

Selain mengajarkan membuat celengan dari kaleng bekas, mahasiswa KKN Juga mensosialisasikan tentang manfaat menabung bagi anak-anak tersebut.  Dari hasil memanfaatkan kaleng bekas tadi, hasil yang mereka dapatkan bisa ditabung nantinya.

“Kami selaku aparatur desa Blang Ado merasa senang dengan adanya pemberdayaan terhadap anak-anak kita, sehingga ini menimbulkan kesadaran bagi mereka untuk bisa memanfaatkan barang bekas sebagai barang yang kembali memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat,”, ungkap Bilwaldin selaku keuchik desa Blang Ado.[ryn]


Kirim Komentar