Kelompok 01 KKN Tematik Unimal Bantu Kader Posyandu Di Tambon Tunong

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 01 KKN Tematik Unimal bantu kegiatan posyandu di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (5/6/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-Tematik) Universitas Malikussaleh kelompok 01 bersama dengan ibu kader posyandu dan Dinas Kesehatan Puskesmas Dewantara melakukan kegiatan posyandu pada anak balita, ibu hamil dan lansia di Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara pada Senin (5/6/2023).

Posyandu ini dilakukan di beberapa dusun yaitu dusun I, ll, lll, IV dan V yang berada di gampong tersebut. Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, kegiatan ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak balita, ibu hamil dan lansia melalui pelayanan kesehatan seperti melaksanakan pelayanan KB, gizi, imunisasi, penanggulangan diare, dan kesehatan ibu dan anak (KIA). 

Siska Rahayu salah satu anggota kelompok menyampaikan bahwa kegiatan posyandu sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan anak balita, ibu hamil dan lansia.

“Kami membantu segala kegiatan posyandu sesuai yang diarahkan oleh para ibu kader dan tenaga kesehatan dari puskesmas di gampong tersebut,” terang Siska.

Nurbaiti selaku kader posyandu yang ada di gampong tersebut menyatakan bahwa kegiatan posyandu dilaksanakan sekali dalam sebulan. "Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada anak balita yaitu dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan anak balita,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya mahasiswa KKN di Gampong Tambon Tunong ini dapat membantu para kader menjalankan posyandu bagi masyarakat. “Mahasiswa banyak membantu kami, baik dalam pengukuran, penimbangan berat badan balita maupun anak-anak, serta pemberian makanan tambahan (PMT).

“Kegiatan posyandu ini juga bermanfaat bagi mahasiswa KKN sendiri, karena mereka dapat belajar langsung bagaimana pengukuran dan penimbangan berat badan yang benar pada balita dan anak-anak,” pungkas Nurbaiti. [fzl]


Kirim Komentar