Mahasiswa KKN-PPM 03 Unimal Edukasikan Stunting Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Unimal kelompok 03 edukasi stunting kepada ibu hamil dan menyusui di Gampong Barat, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (9/6/2023). Foto:Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 03 berkolaborasi dengan bidan posyandu di Gampong Barat, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara adakan posyandu balita serta merealisasikan edukasi stunting kepada ibu hamil dan ibu menyusui, Jumat (9/6/2023).

Mukhlisin selaku ketua kelompok menyampaikan bahwa Indonesia saat ini masih menghadapi permasalahan gizi di tengah masyarakatnya dan berdampak serius terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kegiatan posyandu balita ini menjadi kesempatan kami dalam mengedukasikan stunting kepada para ibu hamil dan ibu menyusui,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa posyandu balita ini dilaksanakan sekali dalam sebulan oleh tim kesehatan gampong. “Program kerja KKN ini kami upayakan untuk terus aktif bergerak di bidang kesehatan,” lanjutnya.

Pelaksanaan edukasi stunting ini dilakukan setelah dilaksanakannya kegiatan posyandu  karena sasaran kegiatan sosialisasi merupakan ibu-ibu hamil dan ibu yang masih menyusui atau ibu yang memiliki anak di bawah usia 5 tahun.

Kegiatan edukasi ini disampaikan secara lisan oleh mahasiswa KKN, kemudian untuk pembahasan yang lebih detail mahasiswa memberikan edukasi lewat poster yang berkaitan dengan stunting, baik dari definisi, ciri-ciri, faktor penyebab, dampak serta langkah-langkah pencegahan stunting seperti mencukupi asupan gizi, melengkapi imunisasi dan memperbaiki sanitasi lingkungan.

Rahmawati AMdKeb selaku bidan posyandu balita gampong ini turut berterima kasih  kepada mahasiswa KKN yang telah berkenan membantu bidan dalam pemeriksaan dan juga edukasi stunting.

“Semoga ilmu-ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu penurunan kasus stunting yang beberapa waktu ini menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang kerap dibahas tim nakes,” pungkasnya. [fzl]

Baca juga: Mahasiswa KKN-PPM Unimal Kelompok 03 Ikut Partisipasi Posyandu Lansia


Kirim Komentar