Kelompok 04 KKN-PPM Unimal Ikut Bagi Zakat Pertanian di Meunasah Meucat

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 04 KKN-PPM Unimal ikut bagi zakat pertanian di Gampong Meunasah Meucat, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (6/6/2023). Foto:Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 04 ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembagian zakat pertanian yang berlangsung di halaman meunasah Gampong Meunasah Meucat, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (6/6/2023). 

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, di Kecamatan Nisam, khususnya di Gampong Meunasah Meucat sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani padi di lahan persawahan. Zakat pertanian merupakan hak yang dikeluarkan oleh para petani dari hasil panen yang telah dilangsungkan.

Muhammad Akil selaku ketua kelompok mengatakan bahwa zakat tersebut dibagikan kepada para masyarakat yang berada di gampong tersebut yang berkategori masyarakat fakir dan miskin.

“Kami membantu pembagian zakat kepada masyarakat, mulai dari mengarahkan masyarakat menuju golongan fakir atau miskin serta membantu mengangkat padi guna untuk pembagian zakat tersebut,” terangnya.

Munawir SIAN selaku geuchik gampong mengatakan bahwa zakat padi tersebut dibagi setelah para petani selesai memanenkan padinya di sawah. Setelah panen telah berlangsung pihak gampong akan mengadakan pembagian zakat kepada masyarakat fakir dan miskin yang ada di gampong.

“Total zakat keseluruhan pada periode pembagian zakat ini mencapai 13.896 kg atau setara dengan 13,9 ton. Zakat untuk fakir dibagi sebanyak 6.948 kg sedangkan untuk miskin dibagi sebanyak 6.948 kg,” ucapnya.

Terkait dengan proses penerimaan zakat dimulai dari pengambilan nomor antrian dan selanjutnya masyarakat diarahkan ke tempat pengambilan sesuai dengan golongannya. [fzl]


Kirim Komentar