Mahasiswa KKN 10 Adakan Bimbel untuk Anak-Anak SD di Seuneubok

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 10 Adakan Bimbel untuk Anak-Anak SD di Seuneubok

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 10 Universitas Malikussaleh memberi pendampingan belajar untuk siswa usia Sekolah Dasar (SD) melalui program kerja KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di Gampong Seuneubok, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (10/6/2023).

 

Asri selaku ketua Kelompok 10 KKN-PPM mengatakan, kegiatan ini dilatarbelakangi karena kurangnya fasilitas pembelajaran dan hanya berfokus pada sekolah untuk belajar yang seringkali menyebabkan siswa kurang optimal dalam belajar.  

“Anak-anak yang dapat tugas dari sekolah, tanpa ada penjelasan materi  dikarenakan waktu yang singkat dalam belajar di sekolah dapat membuat mereka semakin bingung,” katanya.

Asri menjelaskan,  program kerja KBM oleh tim KKN-PPM kelompok 10 ini diawali dengan sosialisasi kepada Geuchik Gampong Seuneubok, kemudian melakukan pendampingan pembelajaran yang dilaksanakan rutin dua hari dalam seminggu, tepatnya pada hari sabtu dan minggu. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada Sore hari, pukul 16.00 (setelah shalat Ashar) hingga pukul 17.30 WIB di Balai Pengajian Gampong Seuneubok.

Disamping membantu penjelasan materi pembelajaran, tim KKN-PPM kelompok 10 juga mengajak adik-adik setempat untuk bermain seusai edukasi pembelajaran selesai. Mahasiswa yang terlibat menjelaskan materi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman. Sehingga diskusi yang mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotorik mereka. Misalnya permainan tebak angka dalam bahasa arab, atau uji kekompakan tim dalam permainan bernyanyi sambil mengingat nabi.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, adik-adik menemukan cara belajar yang menyenangkan agar kembali semangat belajar dan bisa mudah menerapakan materi-materi yang diajarkan di sekolah dasar adik-adik bersekolah,” ungkapnya.

Mutamimul Ula MSc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 10 sangat mendukung hal tersebut dikarenakan dengan ada agenda tersebut dapat mendorong anak-anak di seuneubok bertambah semangat dalam mengikuti pelajaran di sekolah-sekolah  mereka.[tmi]

 


Kirim Komentar