Kelompok 12 KKN Unimal Olah Kulit Ari Jengkol Jadi Keripik

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 12 mengolah kulit ari menjadi keripik di gampong Meunasah Tengoh, Aceh Utara, Senin (2/9/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang mengikuti KKN kembali membuat inovasi dalam pelaksanaan pengabdian di masyarakat. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 12 KKN PPM Unimal ini mengubah kulit ari jengkol menjadi makanan ringan yakni keripik.

Hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa KKN di gampong Meunasah Teungoh Kecamatan Simpang Keramat, Aceh Utara. Cara pengolahan keripik dari kulit ari jengkol ini dilaksanakan pada Senin (2/9/2019).

Menurut Qalamu Malik, Ketua Kelompok 12 KKN menyampaikan bahwa selama ini masyarakat selalu membuang kulit ari jengkol karena dianggap tidak mempunyai manfaat atau tidak bisa diolah menjadi apapun lagi. Padahal kulit ari itu bisa dimanfaat dan diolah menjadi Keripik, ujar Qalam.

Pembuatan keripik dari kulit ari jengkol ini dimulai dengan memisahkan kulit ari jengkol tersebut dan kemudian dijemur. Setelah kering dicampur dengan tepung untuk selanjutnya digoreng.

Keripik yang berasal dari kulit ari jengkol yang sudah digoreng tadi kemudian diberikan kepada warga untuk dicicipi. Warga yang mencicipi mengatakan bahwa keripik yang berasal dari kulit ari jengkol itu sangat enak dan tidak terasa pahitnya, terang Qalam.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 12, Juni Ahyar sangat mendukung program inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Kita berharap agar ada inovasi-inovasi lain yang bisa ditransfer oleh mahasiswa selama KKN kepada warga, tutup Juni.


Berita Lainnya

Kirim Komentar