Mahasiswa KKN-PPM 08 Unimal adakan POSBINDU di Cot Euntung

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM kelompo 08 bersama dengan pihak Puskesman Nisam adakan Posbindu di Gampong Cot Euntung, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (2/6/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 08 bersama dengan pihak Puskesmas Nisam adakan pengecekan kesehatan bagi para lansia melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di Gampong Cot Euntung, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (2/6/2023).

Ketua kelompok, Ridwan Barayun menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan taraf kesehatan lansia di gampong tersebut. 

“Seiring bertambahnya usia, maka semakin rentan tubuh seseorang terkena penyakit. Oleh karena itu diperlukannya pengecekan kesehatan secara berkala guna mengontrol kesehatan para lansia,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan POSBINDU ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk pengabdian terhadap kesehatan masyarakat desa. “Alhamdulillah kegiatan itu memberikan dampak bagi masyarakat, setidaknya mereka dapat menjaga pola makan,” tambahnya.

Kegiatan POSBINDU Lansia ini dilakukan oleh mahasiswa KKN dan bekerjasama dengan bidan-bidan dari Puskesmas Nisam. Dalam proses pelaksanaanya, mahasiswa melakukan pengecekan tekanan darah, pengecekan asam urat, pengecekan kadar gula darah dan pengecekan kolesterol.

Pada kegiatan itu, para mahasiswa juga memberikan edukasi singkat tentang merawat kesehatan di usia lansia. Ada 20 lansia yang menghadiri kegiatan tersebut dan mereka sudah dilakukan pengecekan penyakit.

Yara Andita Anastasya, S.Psi., M.Psi, Psikolog, Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk penerapan ilmu yang didapat selama kuliah di kelas. “kegiatan ini adalah bentuk penerapan ilmu secara nyata ke masyarakat dan dapat membawa manfaat yang luar biasa baik untuk mahasiswa KKN maupun masyarakat di gampong tersebut,” pungkas Yara. [fzl]


Kirim Komentar