Edukasi PHBS, Mahasiswa KKN 03 Unimal Kunjungi Siswa SDN 10 Nisam

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM kelompok 03 Unimal edukasi perilaku hidup bersih dan sehat di SD Negeri 10 Nisam, Gampong Barat, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (16/06/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Dalam rangka menumbuhkan kesadaran pola hidup bersih dan sehat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 03 Universitas Malikussaleh melakukan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak tingkat sekolah dasar di SD Negeri 10 Nisam, Gampong Barat, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (16/06/2023).

Edukasi PHBS ini dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran siswa sekolah untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, pelaksanaan edukasi PHBS diharapkan dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar pada siswa, guru serta masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

Mukhlisin, selaku ketua kelompok menjelaskan bahwa edukasi PHBS dilakukan untuk memberikan edukasi kepada anak sejak dini tentang perlunya merawat tubuh dengan pola hidup bersih dan sehat.

"Banyak sekali PHBS yang harus dilakukan di sekolah seperti mencuci tangan yang baik dan benar sebelum atau sesudah makan, jangan jajan sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan dan sebagainya,” ujarnya.

Kepala sekolah, Raliah SPd mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini sangat perlu diberikan kepada anak-anak, khususnya di SD kami ini. 

“Saya begitu antusias akan kegiatan PHBS yang diselenggarakan ini, karena selain menyadarkan pola hidup sehat dengan membekali anak-anak tentang dasar-dasar cara menjaga kebersihan sejak dini, mahasiswa juga melakukan pemeriksaan kesehatan pada guru,” terang Raliah.

Edukasi dilakukan kepada siswa-siswi yang berkaitan tentang praktek cara mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar. Melalui aksi ini pula mahasiswa KKN melakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek tekanan darah kepada tenaga pengajar sekolah dasar. [fzl]


Kirim Komentar