Mahasiswa KKN 14 Edukasi Anak-Anak TK Ban Timoh Tentang Kesehatan Gigi

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 14 Edukasi Anak-Anak TK Ban Timoh Tentang Kesehatan Gigi

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 14 edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Ban Timoh, Gampong Meunasah Cut Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Kamis (15/6/2023).

Salah seorang anggota KKN, Salwa Nisrina Authar ND mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak TK untuk membiasakan diri merawat kesehatan gigi dan mulut dan bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

“Karena, berdasarkan riset kesehatan dasar nasional, masalah kesehatan gigi dan mulut seperti karies masih cukup tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kesadaran untuk merawat gigi sejak dini,” katanya.

Salwa menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi ini diberikan edukasi untuk menyikat gigi di waktu yang tepat yakni setelah sarapan dan sebelum tidur setiap harinya dan untuk membentuk kebiasaan pada anak-anak.

“Ketika kebiasaan merawat gigi sudah tertanam sejak dini, diharapkan permasalahan gigi tidak terjadi kelak saat dewasa,” ungkapnya.

Tambahnya lagi, edukasi ini merupakan satu dari sekian banyak program edukasi Kesehatan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM Kelompok 14 Universitas Malikussaleh.

“Selama ini, setiap tahun sekali Universitas Malikussaleh mengadakan Kegiatan KKN terjun langsung ke masyarakat untuk mengamalkan dan menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan agar sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tambah Salwa mahasiswa dari Fakultas Kedokteran.[tmi]


Kirim Komentar