Mahasiswa KKN 14 Adakan Lomba Keagamaan Untuk Anak-Anak TPA Nurul Mubin

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 14 Adakan Lomba Keagamaan Untuk Anak-Anak TPA Nurul Mubin

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 14 Universitas Malikussaleh mengadakan lomba menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah untuk anak-anak di Taman Pendidikan Anak (TPA) Nurul Mubin Gampong Meunasah Cut Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Selasa  (13/6/2023).

Anggota KKN kelompok 14, Sulthonah Qowiyyu mengatakan, ada 35 anak – anak yang mendaftar sebagai peserta lomba, terdapat 4 lomba yang diadakan yaitu Lomba Pidato, Hafalan Surah Pendek, Hafalan Doa sehari – hari dan Lomba Adzan. Di setiap perlombaan terdiri dari juara 1-3.

“Dengan adanya kegiatan ini, maka akan membawa dampak positif untuk meningkatkan semangat anak-anak untuk dapat lebih giat dalam mengikuti kegiatan TPA seperti mengaji, hafalan doa, dan hafalan surat pendek,” katanya.

Ketua KKN kelompok 14, Muhammad Azral menyampaikan, semoga kegiatan yang diselenggarakan ini dapat memotivasi anak TPA untuk lebih giat lagi belajar dan dapat mengembangkan minat bakatnya. Untuk lomba pidato para juri menilai pemenang dari isi yang pidato, cara penyampaian dan kepercayaan diri dari peserta lomba. Lalu untuk doa adzan, dinilai dari kefasihan, lafadz makhraj dan ketepatan bacaan peserta.

“Untuk lomba hafalan surah pendek dan doa sehari - hari, sebelumnya sudah diajarkan oleh anak KKN Kelompok 14 yang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan 3 kali dalam 1 minggu berupa hafalan surah juz 30 dan doa sering di amalkan sehari hari, seperti doa sebelum tidur, sebelum makan,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (13-14/6/2023) tersebut mendapat dukungan dari ketua TPA, Tgk M. Yusuf Adam, aparatur gampong,  dan juga masyarakat setempat.

Salwa Nisrina Authar Nyakcut Daulat menambahkan semoga kegiatan ini menjadi kegiatan yang berkesan bagi peserta TPA dan dapat meninggalkan kenangan baik antara mahasiswa KKN dan anak-anak setempat.[tmi]


Kirim Komentar