Mahasiswa KKN 05 Bantu Kegiatan Posyandu di Seuneubok

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh kelompok 05 bersama bidan gampong adakan posyandu lansia di Gampong Seuneubok, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (16/6/2023). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 05 bersama bidan gampong adakan posyandu lansia di Gampong Seuneubok, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (16/6/2023).

Kamilia Yessica Ardi mewakili mahasiswa kedokteran dari kelompok 10 KKN-PPM Universitas Malikussaleh menyebutkan dalam program kerja kelompok ini memfokuskan perhatian pada lansia sebagai salah satu kelompok rentan dalam masyarakat. 

“Dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan lansia, kami bekerja sama dengan bidan dan kader Gampong Seuneubok untuk menyelenggarakan kegiatan Posyandu yang khusus ditujukan untuk lansia,” terangnya.

Ia juga menambahkan  bahwa kelompoknya melakukan  pemeriksaan meliputi pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan, serta pemeriksaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. 

“Kami juga memberikan edukasi kesehatan kepada lansia dan keluarganya serta memberikan informasi tentang pentingnya menjaga pola makan yang sehat, melakukan aktivitas fisik yang teratur, dan menjaga kebersihan diri. Kami juga memberikan pengetahuan tentang penyakit umum yang sering dialami oleh lansia dan cara-cara mencegahnya,” tuturnya.

Bidan gampong, Anita menyampaikan bahwa acara posyandu tersebut diadakan dua kali dalam sebulan dan masyarakat dapat melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan. 

“Para lansia dari gampong tersebut sangat antusias karena aktivitas ini bertujuan untuk memantau kesehatan dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh lansia,” ucapnya. 

Salmawati selaku Istri dari Geuchik Gampong Seuneubok menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN kelompok 10 Universitas Malikussaleh. "Kami sangat senang dengan kegiatan Posyandu kali ini. Ini memberikan kami kesempatan untuk mendapatkan perawatan medis dan pengetahuan kesehatan yang bermanfaat,” pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar