Bantu Lengkapi Data informasi Gampong, Mahasiswa KKN Lakukan Sensus kependudukan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh melakukan sensus ke rumah warga di gampong Krueng Manyang, Aceh Utara, Selasa (3/9/2019). FOTO : Hanny

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Delapan hari sudah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh di Kabupaten Aceh Utara. Mahasiswa KKN yang tergabung ke dalam kelompok-kelompok sudah mulai melaksanakan program yang sudah direncanakan. Dalam perencanaan program-program tersebut mahasiswa KKN mendiskusikannya juga dengan para aparat dan tokoh gampong.

Salah satu program yang mucul adalah melengkapi data dan informasi gampong. Hal tersebut  terungkap ketika pertemuan mahasiswa KKN kelompok 83  dengan tokoh gampong Krueng Manyang, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara (30/8/2019)

Berdasarkan hal tersebut maka kelompok 83 membuat program untuk melakukan sensus sederhana untuk melengkapi data kependudukan gampong. Mahasiswa KKN mendatangi semua rumah penduduk yang ada di gampong tersebut untuk bertanya hal yang berkaitan dengan demografi kependudukan ujar Hanny Sulaiman, Humas KKN Kelompok 83.

Menurut Hanny data yang didapat ini nantinya akan dijadikan dasar untuk membuat pengelolaan informasi gampong yang berbasis digital. Hal ini dapat mempermudah penyimpanan dan pengelolaan data kependudukan di gampong. Kita juga akan membuat pengelolaan data gampong berbasis Web, sehingga data akan mudah diperbaharui dan diidentifikasi kembali, ujar Hanny.

Sensus di gampong krueng Manyang dilakukan per dusun dan setiap rumah yang telah di sensus akan ditempelkan stiker penanda dan juga nomor rumah yang telah di atur secara berurutan. Sensus mulai dilakukan pada Selasa (3/9/2019). Data yang ditanyakan dalam sensus ini diantaranya adalah nama Kepala Keluarga (KK), jumlah anggota keluarga, usia, pekerjaan, pendidikan, agama dan etnis, jelas Hanny.

Sensus ini mendapat respon yang baik dari warga gampong. Keuchik Gampong Krueng Manyang, Nizamullah SpdI berharap agar program ini dapat terlaksana dengan baik untuk mempermudah pengeloaan data gampong menjadi lebih modern.[ryn]


Kirim Komentar